•   Selasa, 12 November 2019
SGML

Honor Belum Diterimakan, KPU Lamongan Minta PPK Segera Kirim LPJ

( words)
Anggota PPK tambahan saat disumpah dan dilantik di Pendopo Lokatantra beberapa bulan lalu. FOTO:SP/MUHAJIRIN KASRUN


SURABAYA PAGI, Lamongan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupetan Lamongan harus bekerja ekstra. Baru mulai menata devisi-devisi dan memulai aktifitas, KPU yang baru ini ditagih oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), karena honor operasional beberapa bulan ini belum dicairkan.
Usut punya usut, belum cairnya honor dan biaya operasional beberapa bulan terakhir ini, teryata sebagian besar Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) oleh PPK belum juga dikirim ke KPU sampai saat ini. "Tadi saya tanya ke bagian sekretariat teryata sebagian besar mereka belum mengirim surat LPJ ke KPU,"terang Mahrus Ali ketua KPU Lamongan, Selasa (18/6/2019).
Karena demikian itu, ia berharap teman-teman di PPK yang honor dan biaya operasionalnya belum cair, segera membuat LPJ untuk ditindaklanjuti agar haknya tersebut segera dapat diterimakan.
Apalagi mekanisme pencarian tersebut, diantaranya harus membuat LPJ terlebih dahulu. “Memang kita baru saja dilantik tapi terkait hal ini kita berkoordinasi dengan sekertariatan, agar secepatnya ada solusi dan kalau sudah ada LPJ untuk segera dicairkan,” terangnya.
Seperti diketahui, sejumlah anggota PPK mengeluh karena honor dan biaya operasional mulai Bulan April hingga saat ini belum cair, padahal mereka sudah berkerja secara maksimal agar pelaksanaan pemilu berjalan sukses. Kondisi serupa juga dialami sejumlah Panitia Pemungutan Suara (PPS).
Sejumlah PPK dan PPS tersebut semakin resah mengingat anggota KPU periode 2014- 2019 telah berakhir pada 12 Juni 2019 lalu, sementara haknya tersebut tak kunjung diterimakan.
Anggota KPU Lamongan peroide 2019-2024 baru saja dilantik beberapa hari lalu bersamaan dengan anggota KPU dari 36 kabupaten/kota se-Jawa Timur periode 2019-2024 resmi dilantik oleh Ketua KPU RI Arief Budiman, Kamis (13/6) lalu, di Hotel JW Marriott, Surabaya.
Pelantikan tersebut berdasarkan surat keputusan KPU RI Nomor 1089-1124/PP.06-Kpt/05/KPU/VI/ 2019 tanggal 11 Juni 2019. Dari 180 anggota KPU dari 36 kabupaten/kota di Jatim yang dilantik tersebut, lima diantaranya adalah anggota KPU Kabupaten Lamongan periode 2019-2024, yaitu Dewi Maslahatul Ummah, Siswanto, Khoirul Anam, Ahmad Shohib, dan Mahrus Ali.
Lima komisioner itu, untuk Mahrus Ali selain menjabat ketua juga menjabat devisi Keuangan dan Logistik. Adapun untuk devisi Hukum dan Pengawasan dibawa kendali Siswanto. Untuk devisi data dan informasi dibawa kendali Dewi Maslahatul Ummah, sedangkan Devisi SDM dan Parmas adalah Khoirul Anam dan Ahmad Shohib Devisi Tehnis penyelenggaraan.jir

Berita Populer