•   Rabu, 11 Desember 2019
Kriminal

25 Makam Dibongkar Acak, Pelaku Hanya Mengambil Tanah Di Bawah Nisam

( words)
petugas bersama penjaga makam meninjau makam yang di bongkar


SURABAYAPAGI.COM, Tasikmalaya -Beberapa pekan sebelum pemilihan kepala desa (Pilkades) digelar, sebanyak 25 makam di TPU Pakemitan, kecamatan Cikatomas kabupaten Tasikmalaya dibongkar. Pembongkaran makam itu pertama kali diketahui oleh penjaga makam, Anda Juanda (54).

Menurutnya, ada beberapa peziarah yang melaporkan kepada dirinya bahwa banyak makam yang dibongkar pada Jum’at pagi.

Mendapati hal tersebut ia melaporkan peristiwa itu kepada pihak berwajib.

Babinsa Desa Pakemitan Koramil 1218 Cikatomas Sersan Satu Dwi Bakti mengatakan, pembongkaran beberapa makam yang digali orang tidak dikenal diketahui hanya mengambil tanah di bawah batu nisan.


"Kami menerima laporan dari warga, setelah dicek di lokasi menemukan 25 makam dalam kondisi sudah terbuka pada bagian di bawah batu nisan. Namun, pembongkaran itu diduga hanya membawa tanah kuburan yang ada di dalam karena semua makam dilakukan secara acak," katanya.


Kuburan yang digali kondisinya sudah tertembok dan merupakan kuburan lama.

"Kami bersama anggota Polsek dibantu warga dan penggali makam melakukan pengecekan hingga ditemukan 25 kuburan telah dibongkar secara acak tanpa dirapikan kembali. Akan tetapi, temuan tersebut telah dilaporkan pada pimpinan saya yakni Komandan Distrik Militer (Kodim) 0612 Tasikmalaya termasuk Polres Tasikmalaya," jelas Dwi, Rabu (13/11/2019).

Berita Populer