28 Santri di Ponpes Blitar Terinfeksi Covid-19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 18 Nov 2020 15:11 WIB

28 Santri di Ponpes Blitar Terinfeksi Covid-19

i

Petugas langsung melakukan tracing yang ditindaklanjuti dengan rapid tes dan swab test. SP/ OZ

SURABAYAPAGI.com, Blitar - Sebanyak sepuluh orang santria di salah satu Pondok Pesantren wilayah Kecamatan Wonodadi tge. Mereka terpapar dari salah satu penghuni ponpes asal Kabupaten Tulungagung. Sebelumnya sudah 18 santri yang terpapar Covid-19, sehingga kini totalnya ada 28 orang, Rabu (18/11/2020).

Juru Bicara Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengatakan, untuk memutus rantai penularan, kesepuluh santriwati tersebut langsung diwajibkan menjalani isolasi mandiri. Mereka mengisolasi diri di lingkungan ponpes.

Baca Juga: TKP2MO Kota Blitar Sidak Mamin Jelang Lebaran

Menurut Krisna Yekti, petugas sengaja tidak memulangkan santri ke rumah masing. Sebab dengan kondisi tanpa gejala, dikhawatirkan mereka justru akan memperluas penularan. "Kita tidak memulangkan," tambah Krisna Yekti.

Dengan tambahan sepuluh kasus positif baru, jumlah kasus positif Covid-19 dari klaster pondok pesantren di Kabupaten Blitar mencapai 28 kasus. Sementara pada saat yang sama, delapan orang juga dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Dari delapan orang tersebut, tujuh diantaranya terpapar dari klaster keluarga.

Baca Juga: Ratusan Warga Rela Antre untuk Beli Beras Murah

Sedangkan satu orang positif memiliki riwayat baru saja melakukan perjalanan dari Kabupaten Sidoarjo. Sebagian besar dari delapan orang ini menjalani isolasi di gedung LEC Garum.

"Ada juga yang dirawat di RSUD Srengat dan menjalani isolasi mandiri," terang Krisna Yekti.

Baca Juga: Misteri Ledakan 3 Kali di Blitar, Bukan dari Warung yang Terbakar di Serut

Dengan tambahan 18 kasus positif baru, jumlah total kasus positif Covid-19 di Kabupaten Blitar hingga 17 November mencapai 970 kasus. Perinciannya, 837 orang sembuh, 76 orang meninggal dunia, 25 orang dirawat di rumah sakit dan selebihnya menjalani isolasi mandiri. Dsy11

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU