•   Senin, 16 Desember 2019
Kuliner

4 Jenis Teh dari Cara Pengolahannya

( words)
Jenis teh, Foto: Acuheart.com


SURABAYAPAGI.COM - Teh merupakan minuman yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Teh yang biasa dikonsumsi oleh kebanyakan orang adalah teh hitam. Namun dengan berkembangnya metode pengolahan saat ini ditemukan berbagai macam jenis teh yang mempunyai tampilan warna, aroma, rasa dan juga khasiat yang berbeda. Berikut beberapa jenis teh yang sering ditemui di Indonesia.
1. Teh Hijau (Green Tea)
Teh hijau dibuat dari daun teh yang hanya melalui satu kali penyaringan. Setelah dipetik, daun teh langsung diolah dan dikeringkan. Warna hijau muda dan aroma menyegarkan pada green tea dapat mengurangi ketegangan pada tubuh
2. Teh Hitam (Black Tea)
Teh hitam memiliki kadar kafein yang paling tinggi di antara jenis teh lainnya. Kadar kafein ini membuat teh hitam dapat menjadi pengganti kopi untuk menstimulasi kerja tubuh dan otak. Teh hitam adalah jenis teh yang diproses paling lama, karena mengalami proses fermentasi.
3. Teh Putih (White Tea)
Teh putih merupakan jenis teh yang berasal dari pucuk daun teh. Karena diolah dari daun teh muda, rasa teh ini sedikit lebih manis. Teh putih mengandung kafein dan antioksidan yang disebut dengan katekin, yang dapat membantu menurunkan berat badan dan memecah lemak tubuh.
4. Teh Oolong
Dibandingkan dengan teh hitam dan teh hijau, teh oolong merupakan jenis teh yang paling sulit untuk diproses. Sumber antioksidan yang diberikan dari teh oolong nyatanya memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah. hs

Berita Populer