•   Jumat, 10 April 2020
Peristiwa Nusantara

4 Tahun Kinerja Kemenristekdikti, Lebih Baik atau Lebih Buruk?

( words)
Prof. Ainun Na’im, Ph.D, M.B.A, Sekertaris Kemendikti 2018 menerangkan tentang kinerja pemerintahan Jokowi dan JK Di Aula Garuda Mukti, Kamis (22/11) Siang.


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Universitas Airlangga Kampus C mengadakan seminar capaian empat tahun pemerintahan JKW-JK, peningkatan daya saing empat tahun kinerja kemenristekdikti dan perguruan tinggi Jawa Timur yang sudah berjalan, Kamis (22/11) siang.

Prof. Ainun Na’im, Ph.D, M.B.A selaku Sekertaris Kemendikti 2018 memaparkan, perkembangan usaha perusahaan berbasis teknologi atau start up di Indonesia sudah cukup tinggi.

"Selama 4 tahun,pemuda Indonesia telah mengembangkan start up. Di tahun 2015 hanya 52, sedangkan tahun ini sudah naik", ujar Ainun.

Selain start up, kemenristekdikti memperlihatkan produk perguruan tinggi di Indonesia. Salah satu produk yang sudah dihasilkan antara lain motor listrik yang dikembangkan di ITS. Motor listrik bernama GESITS ini telah dicoba sendiri oleh orang nomor satu di Indonesia, Joko Widodo.

Inovasi teknologi juga menjadi program kerja Kemenristekdikti selama empat tahun berjalan. "industri kereta api meningkat tajam selama empat tahun berjalan. Kami berencana akan membangun industri kereta api Banyuwangi, dan di kota lain akan dibangun", ujarnya.

Beasiswa Bidikmisi yang diadakan Kemenristekdikti selama empat tahun belakangan, membantu masyarakat yang kurang mampu untuk menempuh perguruan tinggi swasta maupun negeri.

Ainun menambahkan, program bidikmisi mampu memutus rantai kemiskinan di Indonesia. Di Jawa Timur, Surabaya menduduki peringkat pertama penerima Bidikmisi. Sedangkan, ITS menduduki peringkat pertama perguruan tinggi untuk penerima mahasiswa beasiswa bidikmisi. (ff)

Berita Populer