5 Manfaat Buah Duku

SURABAYAPAGI.com - Penghujung bulan Januari, buah duku pasti mudah ditemui di berbagai daerah. Mulai dari pasar tradisional hingga tempat perbelanjaan modern. Duku merupakan spesies pohon dalam keluarga Mahoni, yang berasal dari bagian barat Asia Tenggara. Ciri-ciri tampilan buah duku adalah bentuknya yang oval serta memiliki kulit berwarna kuning muda serta cenderung kecoklat-coklatan. Dalam hal rasa, buah yang dagingnya berwarna putih ini memiliki rasa asam dan terkadang pahit. Buah duku diketahui memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan.
1. Menjaga Kesehatan Kulit
Kandungan vitamin E dalam buah duku sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Hal tersebut dapat meningkatkan elastisitas dan kelembaban kulit, mencegah penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet, serta mempercepat proses penyembuhan luka.
2. Antioksidan
Selain mengandung Vitamin A, buah ini juga mengandung polifenol, sejenis antioksidan alami. Antioksidan memiliki fungsi sebagai benteng pertahanan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas juga disebut menjadi salah satu penyebab penuaan dini.
3. Mengendalikan Kolesterol
Kehadiran vitamin C dalam buah duku dapat membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu. Hal ini memungkinkan memiliki implikasi untuk tingkat kolesterol darah dan mencegah timbulnya batu empedu.
4. Mengobati Gigitan Serangga
Jika mengalami gatal karena gigitan serangga bisa diobati dengan buah duku. Caranya cukup gosokkan kulit buah duku ke area kulit yang gatal. Selain itu, kulit buah duku juga bisa mengatasi jerawat dengan melakukan hal yang sama.
5. Menambah Sistem Imun
Vitamin C yang terkandung di dalam buah duku amat baik dalam proses recovery. Hal ini dapat membantu tubuh untuk mempertahankan kekebalan tubuh dan membantu atlet dalam pemulihan setelah latihan yang berat. md