•   Jumat, 21 Februari 2020
Kesehatan

7 Buah yang Bisa Turunkan Kolesterol Jahat

( words)
Ilustrasi Buah-buahan


SURABAYAPAGI.com - Saat ini, sudah banyak orang yang menderita kolesterol tinggi dan masalah yang terkait dengannya. Alasannya beragam, untuk perawatannya pun akan melibatkan perubahan gaya hidup dan pola makan, bersamaan dengan obat yang diresepkan dokter.

Jika kadar kolesterol Anda tinggi atau Anda tidak menginginkannya tinggi, Anda harus melakukan beberapa kebiasaan rutin dalam kehidupan sehari-hari Anda yang akan membantu menjaga kolesterol tetap terkontrol.

Menariknya, ada buah-buahan tertentu yang dapat dimasukkan ke dalam menu harian Anda untuk menurunkan kolesterol. Lalu, buah apa saja yang dimaksud? Berikut di antaranya.

Tomat

Tomat sangat baik untuk mengurangi kolesterol, risiko masalah jantung, atau tekanan darah tinggi. Tomat kaya vitami A, B, C, dan K, yang bermanfaat untuk jantung, mata, dan kulit.

Pepaya

Buah ini memiliki kandungan serat yang luar biasa dan nol kolesterol. Pepaya dapat membantu mengatur kolesterol LDL dan mengurangi tekanan darah. Menurut sebuah penelitian, satu buah pepaya besar (sekitar 750 gram) mengandung 14 gram serat.

Apel

Apel penuh dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk kemampuan untuk mengelola kadar kolesterol. Kadar kolesterol LDL berkurang dengan konsumsi apel secara teratur, karena adanya antioksidan, polifenol, dan serat pektin pada apel.

Buah citrus

Kandungan hesperidin dalam buah citrus, seperti jeruk, lemon, grapefruit, dan lain-lain, dapat membantu mengurangi hipertensi. Dan serat pektin bersama dengan senyawa limonoid yang tidak memungkinkan arteri mengeras dapat menurunkan kolesterol jahat.

Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal dan vitamin C, B5, B6, E, dan K, yang membantu menjaga jantung tetap sehat, mengurangi risiko stroke, dan mengatur kadar kolesterol LDL dan HDL.

Stroberi

Kaya akan serat pektin, stroberi merupakan pilihan yang fantastis untuk menurunkan kolesterol.

Anggur

Mengandung senyawa pterostilbene bersama dengan serat pektin, yang dapat mengurangi kadar kolesterol LDL tinggi serta trigliserida dalam tubuh.

Berita Populer