•   Jumat, 13 Desember 2019
Kesehatan

7 makanan yang Kaya akan Vitamin D

( words)
Makanan yang mengandung vitamin D


SURABAYAPAGI.COM -Vitamin D dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang, otot dan imun. Sumber Vitamin D terbaik adalah melalui matahari.

Menurut ahli gizi untuk Work It Out, Lisa Bruno, R.D., Vitamin D juga bisa didapatkan dari sejumlah sumber makanan ketika kamu tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Ada tujuh sumber makanan tinggi Vitamin D yang bisa kamu tambahkan ke dalam pola makan harianmu jika kamu tak cukup terpapar matahari :

1. Ikan berminyak
Tak hanya baik untuk jantung dan otak karena tinggi asam lemak omega 3, ikan-ikan berminyak seperti salmon atau tuna juga kaya akan Vitamin D. Ikan juga merupakan sumber protein tanpa lemak yang baik untuk membantu pemulihan otot.

2. Susu atau jus
Vitamin D seringkali ditambahkan (fortifikasi) ke dalam susu dan jus jeruk, namun jumlahnya secara signifikan lebih sedikit daripada dalam ikan berminyak.

3. Sereal terfortifikasi
Banyak sereal difortifikasi dengan Vitamin D. Bruno menyarankan untuk menggabungkannya dengan susu dan jus jeruk terfortifikasi untuk sarapan seimbang yang tinggi Vitamin D.

4. Telur
Telur tidak hanya sumber protein tanpa lemak, tetapi juga menawarkan 7 persen kebutuhan Vitamin D harian.
"Orang-orang memandang telur sebagai makanan yang jahat (terutama kuning telur), namun sebetulnya kita bisa mengonsumsi satu atau dua butir telur per hari tanpa masalah apapun," katanya.

5. Jamur
Beberapa jamur seperti Portobello (sejenis jamur kancing berukuran besar) tumbuh di bawah sinar ultraviolet dan membuatnya menjadi sumber Vitamin D yang baik.

6. Minyak hati ikan kod
Satu sendok makan minyak hati ikan kod mengandung 1.360 IU. Jika kamu menghindari mengonsumsinya langsung karena agak berbau amis, cobalah dalam bentuk pil karena manfaatnya tetap sama.

7. Suplemen
Sama seperti minyak ikan, suplemen juga bukan makanan. Namun, sekalipun kita menerapkan pola makan bervariasi, masih ada kemungkinan mengalami defisit Vitamin D.

Berita Populer