7 Teknologi yang Akan Berkembang di Masa Depan

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Cara manusia berinteraksi dengan komputer lambat laun berubah. Bukan lagi berhadapan dengan perangkat komputer tetapi menjadi perangkat yang lebih ringkas digunakan.
Dilansir situs Digital Trends, Senin, 7 Mei 2018, berikut tujuh teknologi yang akan berkembang di masa depan.
Voice Control
Beberapa tahun lalu, voice control masih sangat terbatas. Namun, saat ini produk seperti Google Home dan Amazon Echo membuat teknologi ini semakin dikembangkan.

Voice control bisa mempercepat interaksi dengan komputer. Teknologi ini juga bisa meminta mesin untuk melakukan sebuah tugas hanya mengucapkan kata yang dipakai sehari-hari.
Emotion Sensing
Akan sangat baik jika ada teknologi yang bisa melakukan sesuatu, bahkan penggunanya belum meminta sekalipun. Inilah saat yang tepat jika ada teknologi yang bisa mengetahui emosional seseorang.
Gestural Sensing
Sekarang sudah ada teknologi yang menggunakan gestur atau gerakan tangan untuk mengontrol perangkat. Tapi, tidak banyak yang bisa dilakukan pada teknologi tersebut.
Touch Technology
Di masa depan, akan memungkinkan teknologi sentuhan (touch technology) berkembang pesat, sehingga bukan hanya layar tetapi semua benda elektronik dapat disentuh.
Sejumlah ilmuwan dari Universitas Carnegie Mellon, Pennsylvania, Amerika Serikat, sedang mengerjakan teknologi ini yang kemungkinan akan dipasang pada smart home.

Teknologi ini juga akan membiarkan penggunanya mengendalikan seluruh benda di rumahnya dengan hanya menyentuh tombol virtual dan atau sejenisnya.
Pre-touch
Teknologi Pre-touch atau kemampuan sensor bahkan sebelum jari tangan benar-benar menyentuh layar kemungkinan juga ada di masa depan.
Dua perusahaan teknologi kakap, Apple dan Samsung, dikabarkan sedang mengembangkan teknologi ini.
Virtual and Augmented Reality
Dua teknologi ini telah membuka mata dunia untuk berinteraksi dengan dunia virtual dalam sebuah perangkat.
Teknologi haptic atau pengguna bisa merasakan suatu benda secara virtual, akan membuat pengalaman dunia di dalam komputer menjadi lebih hidup.
Brain Interface
Kelompok jaringan teknologi militer seperti Defense Advanced Research Project Agency atau DARPA telah mencoba teknologi ini.
Sementara Pendiri SpaceX Elon Musk mengusulkan teknologi Neuralink untuk membuat implan cybernetic. Artinya, teknologi ini bisa mengubah manusia menjadi seperti cyborg layaknya Terminator.