8 Parpol masih Malu-malu Sebut Calon

SURABAYA PAGI, Gresik - Sebanyak delapan parpol yang memiliki kursi di DPRD Gresik, yakni PKB, Gerindra, Golkar, PDIP, Nasdem, Demokrat, PPP, dan PAN hingga kini belum memastikan pasangan calon bupati (cabup) maupun calon wakil bupati (cawabup) yang akan diusung di Pilbup Gresik 2020. Sejumlah parpol memang telah memastikan koalisi, namun mereka terkesan mengulur-ulur untuk mengumumkan pasangan calon yang bakal diusung.
Gerindra dan Demokrat misalnya, meski sudah sepakat berkoalisi dan memiliki 12 kursi di parlemen, mereka baru memproklamirkan Ketua Gerindra Gresik Asluchul Alif sebagai bakal calon bupati (bacabup). Sedangkan siapa yang bakal diusung menjadi bakal calon wakil bupati (bacawabup) belum dipastikan.
Baca juga :
-PDIP Bakal ‘Dikeroyok’
-KPU Minta Pemkab Sediakan Sekretariat
"Kami telah sepakati dalam koalisi tersebut mengusung Asluchul Alif sebagai bacabup untuk kami daftarkan ke KPU Gresik. Untuk bacawabupnya kami serahkan kepada bacabup (Asluchul Alif)," ujar Ketua DPC Demokrat Gresik, Eddy Santoso, Minggu (19/1).
Sementara Golkar, Nasdem, dan PPP yang juga telah menggelar deklarasi koalisi, justru belum sepakat sama sekali untuk pasangan bacabup dan bacawabup yang diusung. Padahal, tiga parpol tersebut jika diakumulasi sudah mengantongi 16 kursi parlemen, sehingga bisa mengusung pasangan calon.

"Untuk siapa pasangan calon yang diusung masih menunggu kesepakatan parpol koalisi," kata Ketua DPD Golkar Gresik, Ahmad Nurhahim.
Anha, begitu panggilan akrabnya, mengungkapkan bahwa koalisi sejauh ini baru memmunculkan tiga bacabup.

"Jadi, sudah jelas figur dari masing-masing parpol koalisi, Golkar mengusung saya, Nasdem mengusung Tri Putro Utomo, dan PPP mengusung Ahmad Nadhir," terangnya.
Hal yang sama juga terjadi pada PKB dan PDIP. Dua parpol itu telah mengusung deklarasi koalisi kerakyatan, namun belum memastikan pasangan calon yang diusung. Kedua parpol itu juga telah mengantongi tiket untuk mengusung paslon, karena memiliki 19 kursi parlemen.

"PKB Gresik sepakat mengajukan Moh. Qosim (Ketua PKB) sebagai bacabup ke DPP. Sementara bacawabup banyak kiai yang mengusulkan Fandi Akhmad Yani (Ketua DPRD)," ujar Ketua Bapilu PKB Gresik, Moh. Abdul Qodir.
Dari delapan parpol parlemen, tinggal PAN yang masih terkesan pasif menyikapi Pilbup Gresik. "PAN kan cuma dapat tiga kursi, kita mengalir saja," ujar Sekretaris DPD PAN Gresik, Faqih Usman.