•   Senin, 9 Desember 2019
KONI Jatim

Ajang Cari Poin BWF

( words)
Oei Wijanarko Adi Mulya, Ketua Umum Pengprov PBSI Jatim. FOTO : SP/IST


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Surabaya jadi tuan rumah ajang bulu tangkis tahunan Indonesia International Challenge. Turnamen BWF grade 4 ini digelar mulai hari ini hingga 28 Oktober mendatang di GOR Sudirman. Ada 14 negara peserta dengan jumlah atlet sebanyak 366 orang. Mereka akan memperebutkan total hadiah USD 25.000.

Kejuaraan ini diadakan sebagai salah satu upaya PB PBSI untuk melakukan pembinaan bagi para atlet muda. Total ada 42 pebulu tangkis pelatnas yang ikut serta memanaskan persaingan juara. Hasil IIC 2018 ini sekaligus dijadikan tolok ukur dari pemusatan latihan intensif yang dilakukan di Cipayung, Jakarta Timur.

Tetapi bukan berarti ada batasan usia untuk mengikuti turnamen ini. Pebulu tangkis senior Indonesia Sony Dwi Kuncoro turut memeriahkan ajang untuk berburu poin BWF ini.

“Sony ini unggulan empat Indonesia. Dia bisa jadi pemain yang menyulitkan langkah pemain muda lainnya,” tutur Oei Wijanarko Adi Mulya, Ketua Umum Pengprov PBSI Jatim.

Selain itu, Wijar berharap turnamen IIC 2018 ini mampu mengasah mental para atlet. Sebab, sebelum mereka mampu menjadi juara dunia seperti Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo, para atlet harus mulai dari level bawah dulu. Tetapi Wijar punya tujuan khusus bagi para pebulu tangkis Jawa Timur.

“Ini akan jadi kesempatan bagi KONI Jatim untuk melihat langsung pemain mereka yang akan membela provinsi di PON 2020 nanti,” ucap dia.

Hari ini adalah kualifikasi nomor tunggal putra. Indonesia memiliki Dean Bencha Wijaya yang jadi unggulan pertama. Dia akan melawan pemain muda Malaysia Neville Baptist Nosius Luaran. Bila melihat lawan yang belum punya track record ranking dunia, Dean dipastikan bisa menang mudah. Jika menang pebulu tangkis Yusuke Onodera sudah menanti di putaran pertama.

Sedangkan di putaran pertama akan menguntungkan bagi Sony. Dia akan menghadapi pebulu tangkis muda Chindanai Larpsirikul. Peluang besar bagi Sony untuk lanjut ke putaran kedua. Dengan pengalamannya, Sony bisa dengan mudah mengalahkan pemain lawan asal Thailand tersebut.

Di sisi lain, Vietnam menurunkan andalan utamanya Tien Minh Nguyen. Pebulu tangkis yang berada di peringkat 55 dunia tunggal putra ini akan berhadapan dengan Henrikho Kho Wibowo. Akan sulit bagi pemain Indonesia dengan peringkat 212 dunia ini untuk mengalahkan Nguyen.

“Target kami Indonesia bisa sapu bersih semua gelar juara,” tandas Wijar. Sby/01

Berita Populer