•   Minggu, 19 Januari 2020
Ekonomi China

Akankah Yuan Terjun Bebas Akhir Tahun?

( words)
Ilustrasi mata uang yuan China SP/Quartz


SURABAYAPAGI.com – Perang dagang yang sempat menyeret mata uang yuan membuat Trump berasumsi bahwa China mengajak duel mata uang ditengah perang dagang.

Hal ini lantaran China langsung melemahkan nilai yuan haingga berada pada angka 7 yang mana angka tersebut merupakan angka terkecil terkahir ini.

Kini analis tengah meprediksikan bahwa yuan akan alami pelemahan lebih jauh terhadap dollar AS. Hal ini merupakan akibat dari adanya perang dagang antara China dan AS

Fishwick memprediksi, yuan akan mencapai level 7,3 per dollar AS pada akhir tahun mendatang. Data CNBC menunjukkan, pada Selasa (10/9) pagi, nilai tukar yuan ada di posisi 7,1144 per dollar AS.

"Dengan melihat bagaimana mata uang yuan diperdagangkan, sangat jelas terlihat bahwa mata uang ini digunakan sebagai jalan untuk mengimbangi dampak kenaikan tarif. Sehingga, yuan dibiarkan melemah saat AS membuat ketegangan lebih tinggi," papar Fishwick kepada CNBC.

Dia juga menambahkan, "Saya rasa kekuatan yang menekan yuan melemah masih ada di tempatnya."

Mengutip CNBC, saat ini investor, ekonom, dan pengamat pasar lain sangat memperhatikan pergerakan yuan dengan cermat. Alasannya, mata uang ini dilihat sebagai salah satu alat yang bisa China gunakan untuk merespon kenaikan tarif AS.

Berita Populer