Alat Olah Raga di Taman Jombang Bergerak Sendiri, Begini Ternyata

Alat olah raga yang viral karena bergerak sendiri di taman Kebon Rojo Jombang. (SP/M. Yusuf)

 

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Sebuah alat olah raga bergerak sendiri di taman bermain. Hal itu diketahui dari sebuah video yang viral di media sosial. Alat olah raga tersebut diketahui berada di taman Kebon Rojo, Jalan KH Wahid Hasyim, Jombang, Jawa Timur, Selasa (30/1/2020).

Postingan video tersebut diunggah melalui Instagram oleh pemilik akun @ndorobeii pada tiga hari yang lalu itu, membuat heboh para netizen yang menonton video tersebut.

Alat olah raga yang bergerak sendiri itu, merupakan alat fitnes air walker. Dua alat tersebut, yang disebelah kanan terlihat diam, sedangkan yang kiri terlihat bergerak sendiri.

Bergeraknya alat fitnes tersebut yang terjadi pada malam hari, membuat suasana menjadi horor. Pasalnya, saat alat itu bergerak, tidak ada satu orang pun yang berada di dekatnya.

Selanjutnya, mjncul sosok bayangan hitam melintas di sebelah kanan video. Dan pengunggah menandai bayangan itu dengan lingkaran berwarna biru. Dan kesan mistis bertambah kuat lantaran dalam video itu menggunakan background alunan musik jawa.

Postingan @ndorobeii itu pun mendapatkan berbagai tanggapan di kolom komentar yang mencapai 465. Meski telah dilihat netizen sebanyak 111.322 kali dan disukai sebanyak 6.556, namun banyak netizen yang tidak mempercayai video alat olah raga yang bergerak sendiri itu.

Seperti komentar akun @kopralmasta. Ia mengatakan bahwa alat olah raga bergerak sendiri adalah setingan. "Ah setingan masih ajja percya," katanya. Kemudian @azmipay yang menjelaskan, bahwa alat olah raga itu bisa bergerak sendiri setelah diayunkan, kemudian ditinggal pergi.

"Hdehh ini mah, di kompleks rumah saya ada fasilitas gym outdoor begini. Itu namanya Elliptikal Mechine, kalau digerakkan dia bisa jalan sendiri, sampai berhenti," jelas akun itu.

Perlu diketahui, bahwa posisi alat olah raga tersebut berada di sisi timur lapangan Tennis Kebon Rojo. Di tempat itu ada empat alat olahraga fitnes yang berdiri terpisah di antara pohon beringin tua. Dan alat olah raga yang viral itu berada di sisi selatan pohon beringin.

Akibat ramai dan viral di medsos, membuat warga Jombang menjadi penasaran. Seperti Eka Dimas Saputra (16), warga Kecamatan Ploso, Jombang. Ia rela jauh-jauh datang ke taman Kebon Rojo untuk melihat alat olah raga yang viral di medsos karena bergerak sendiri itu.

"Saya tahu video itu dari story WA teman-teman saya. Viral itu," ujarnya, kepada jurnalis di lokasi pada Senin, (29/6) malam. Bersama tiga temannya yang sedang bersepeda malam, mencoba menaiki alat olah raga yang viral itu.

Eka mencoba mengayunkan alat olah raga itu dengan tangan, lalu dilepaskan. Dan alat olah raga itu bergerak sendiri. "Video viral itu bikin penasaran saya. Kemarin saya juga ke sini sama teman sehabis ngopi. Tidak seram, malah kita bikin video buat bercandaan," kelakarnya.

Selanjutnya Faris (12), warga Kelurahan Jelakombo, Kecamatan Jombang, yang juga penasaran dengan video viral alat olah raga yang bergerak sendiri. Menurut Faris, video itu dianggap hoax dan setingan.

Faris pun mencoba alat olah raga tersebut bersama beberapa teman sebayanya. "Saya tidak takut meski datang ke sini malam hari. Gak percaya karena itu bukan penampakan. Itu mainan hoax, setingan," pungkasnya.Suf