•   Selasa, 22 Oktober 2019
SGML

Alun-alun Lamongan Sudah dibuka, Kini Dilengkapi Perpustakaan Juga

( words)
Tanaman bunga dan pohon seperti ini melengkapi keindahan Alun-alun Lamongan, yang sudah dibuka untuk umum. FOTO:SP/MUHAJIRIN KASRUN


SURABAYA PAGI, Lamongan - Penantian panjang warga Lamongan untuk bisa melihat dan menikmati keindahan Alun-alun akhirnya terwujud. Rabu (13/2/2019) pagi Alun-alun yang baru direvitalisasi ini dibuka, dan hasilnyapun membuat kagum warga.
Bagaimana tidak, Alun-alun saat ini dibilang cukup indah dan mengagumkan. Orang yang baru melihat bisa jadi terkesan dengan kemolekan Alun-alun berkonsep tempat wisata ini. Berbagai permainan anak-anak ada, tempat duduk yang disediakanpun cukup membuat yaman masyarakat yang berkunjung.
Bahkan, fasilitas tambahan di area ruang terbuka hijau (RTH) cukup lengkap, salah satunya perpustakaan atau taman baca yang dapat dimanfaatkan warga untuk membaca.
Di dalam perpustakaan, koleksi buku yang disediakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Lamongan ini cukup lengkap.
Mulai dari bacaan anak-anak hingga orang dewasa, tersusun rapi di rak perpustakaan yang digagas sebagai tujuan wisata edukasi bagi warga dan khususnya anak-anak usia sekolah.
"Perpustakaan,menyediakan buku dari semua kategori, selain bisa menikmati fasilitas, yang besih, sehat dan nyaman, " kata Kabid pertamanan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Lamongan, Hadi CU.
Perpustakaan bisa dikunjungi dari pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB. Jadi pengunjung tak perlu khawatir bila ingin menikmati ratusan buku yang telah disediakan oleh Pemkab Lamongan.
Selain itu, perpustakaan ini juga telah dilengkapi dengan pendingin ruangan, sehingga pengunjung tak perlu khawatir kepanasan. Bahkan petugas perpustakaan juga menyediakan tempat duduk yang dikonsep dengan lesehan maupun outdoor di halaman perpustakaan.
"Pengunjung bisa membaca di dalam ruangan atau membaca dibawah pohon. Kami menyediakan beberapa kursi. Namun bila ingin membaca buku di rumah juga boleh, asalkan pengunjung harus menjadi anggota perpustakaan terlebih dahulu, baru bukunya boleh dibawa pulang," jelasnya.
Tidak hanya itu, kedepannya perpustakaan ini akan terus berinovasi. Dengan menambhakan beberapa kegiatan seperti bedah buku, tempat berdiskusi hingga sebagai ajang kumpulnya para komunitas. Selain itu, akan dilengkapi dengan televisi edukasi.
"Harapan kami kedepannya supaya buku menjadi budaya membaca bagi masyarakat dan dimulai sejak dini," harapnya.
Selain itu, alun-alun juga dilengkapi beberapa gazebo, tempat duduk-duduk santai bersama keluarga, air mancur dan taman yang indah untuk selfie serta tempat bermain untuk anak-anak.
’Ada sejumlah fasilitas tambahan, paska dibangunya alun-alun Lamongan tahun ini, saya berharap masyarakat bisa menikmati bersama keluarga, "pungkasnya.
Sementara, Utari asal Desa Putat Kecamatan Turi yang datang bersama anaknya mengaku senang dan kagum dengan nuansa baru ini. " Saya penasaran, sehingga datang meski belum diresmikan, ternyata bagus dan cocok untuk refreshing bersama keluarga, "katanya.jir

Berita Populer