•   Sabtu, 16 November 2019
Peristiwa Politik

Anggota Komisi E Sesalkan 2 Pimpinan Tidak Hadir Saat Pemilihan

( words)
Suasana Rapat pemilihan Pimpinan Komisi E DPRD Jatim yang dipimpin langsung Ketua DPRD Jatim, Kusnadi SH.


SURABAYAPAGI.COM - Proses pemilihan pimpinan Komisi E DPRD Jawa Timur dicederai dengan ketidakhadiran 2 pimpinan. Yakni Ketua Komisi E Wara Renny Pramana dari Fraksi PDI Perjuangan serta Wakil Ketua Komisi E Artono dari Fraksi PKS.
Proses pemilihan yang dilakukan Kamis (11/10/2019) inipun dianggap aneh dan janggal oleh sejumlah anggota Komisi E. Karena yang hadir pada saat itu hanya salah satu Wakil ketua, Hikmah Bafaqih dari Fraksi PKB. Sedangkan 2 pimpinan lainnya tidak hadir. “Kami sangat menyesalkan, kenapa kok Ketua dan Wakil Ketua Komisi E yang dipilih anggota justru tidak hadir,” ujar Adam Rusyadi, Anggota Komisi E DPRD Jatim, Jumat (11/10/2019).
Menurut Adam, tindakan tersebut jelas tidak menghargai seluruh anggota Komisi E yang berjumlah 24 orang dari berbagai fraksi di DPRD Jatim. “Secara etika Menurut kami Tidak pantas, mengingat saat proses pemilihan tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Jatim Pak Kusnadi sebagai koordinator Komisi E,” ungkap politisi muda asal Partai Golkar ini.
Kontan saja, hal ini menjadi pembicaraan serius di kalangan anggota Komisi E lainnya. Banyak yang menganggap proses pemilihan pimpinan Komisi E ini terlalu mengedepankan formalitas saja. Meski seluruh anggota Komisi E sebenarnya sudah sepakat siapa yang ditentukan sebagai pimpinan Komisi, walaupun proses pemilihannya dilakukan secara Musyawarah Mufakat. “Tapi secara etika harusnya yang dipilih itu hadir dalam proses pemilihan, akibatnya sekarang ini kami tidak tahu yang mana Ketua Komisi E dan mana Wakil Ketua Komisi E,” ujar Adam dengan nada heran. Karena sesuai tata tertib DPRD Jatim, penetapan unsur ketua dan Wakil Ketua Komisi dipilih langsung oleh seluruh anggota.
Sementara itu, Ketua Komisi E, Wara Renny Pramana belum bisa dikonfirmasi terkait ketidakhadirannya dalam proses pemilihan pimpinan Komisi E DPRD Jatim. Sedangkan Wakil Ketua Komisi E Artono mengakui jika dirinya tidak hadir dalam proses pemilihan tersebut. “Saya kemarin lagi di Lumajang, melihat progres bangunan Pabrik,” jawab Artono. rko

Berita Populer