Angin Kencang Terjang Bojonegoro, Belasan Pohon Tumbang

SURABAYAPAGI.COM, Bojenegoro –Dalam sepekean terakhir hujan deras disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah di Indonesia.

Hujan disertai angin kencang kembali melanda wilayah Bojonegoro. Akibatnya, sejumlah bangunan dilaporkan mengalami kerusakan mulai dari kerusakan ringan hingga berat. Tidak hanya itu sejumlah pepohonan juga dilaporkan tumbang akibat kuatnya terpaan angin.

“Tercatat hampir 17 pohon tumbang dan patah sedangkan lainnya adalah tempat usaha, bengkel dan warung yang rusak,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro, Umar Ghoni, Rabu (11/12/2019).

Berdasarkan data sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Bojonegoro hingga Rabu (11/12) pukul 16.15 WIB, angin kencang melanda 17 desa di empat kecamatan Bojonegoro, diantaranya Kapas, Kanor, dan kecamatan Baureno.

Dari catatan sementara, 5 rumah mengalami kerusakan ringan, 5 rumah mengalami kerusakan sedang, dan satu rumah roboh. Untuk rumah yang roboh terletak di desa wedi, kecamatan Kapas. Selain itu, beberapa infrastruktur umum juga turut mengalami kerusakan, diantaranya Gedung Dinas Pendidikan, Kantor kecamatan kota Bojonegoro, Pasar Sukorejo dan kompleks Pemkab Bojonegoro.

BPBD saat ini bersama dengan dinas lain seperti Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Lingkungan Hidup melakukan penanganan pohon tumbang di wilayah Kecamatan Kota Bojonegoro, data sementara yang masuk hampir terdapat 13 pohon tumbang dan patah yang harus ditangani untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan sekaligus memperlancar arus lalu lintas.

Menurut Umar sebagaimana pesan Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah agar tidak didalam rumah, atau berada didekat pintu ketika hujan disertai angin terjadi. Sehingga jika terjadi bencana segera bisa menyelamatkan diri. Selain itu bagi yang sedang berkendara agar berhenti sementara dengan memperhatikan jangan berteduh dibawah pohon atau tiang dan papan reklame.