•   Sabtu, 16 November 2019
PERISTIWA

Angka Kecelakaan Naik 73 Persen, Selama Operasi Lilin

( words)
Ilustrasi.


SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Surabaya Dalam operasi lilin selama 10 hari selama pelaksanaan Operasi Lilin Semeru yang digelar mulai 24 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018, 57 nyawa melayang karena kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) di jalanan Jawa Timur sebanyak 57 orang. Adapun rinciannya terdapat 429 kasus kecelakaan, dengan korban meninggal dunia 57 orang, korban luka berat 40 orang, luka ringan 592 orang dan kerugian materiil Rp 670. 484. 804.
Hal ini diterangkan Pj Kabid Humas Polda Jatim AKBP Eko Hengky, angka itu menunjukkan peningkatan 73 persen dibandingkan dengan sepuluh hari sebelum operasi lilin.
"Peningkatannya untuk jumlah kejadian kecelakaan mengalami kenaikan 73 persen, dari sepuluh hari sebelum dilakukan Operasi Lilin," kata Hengky, Selasa (2/1/2018).
Hengky menjelaskan, untuk kenaikan itu ditengarai karena makin padatnya aktivitas dan mobilitas warga menyambut Natal dan tahun baru. Karena banyak warga yang mengisi liburan Natal dan tahun baru dengan berwisata ke luar kota.
"Untuk jumlah kejadian kecelakaan paling banyak terjadi pada Senin (1/1/2018) dengan 71 kejadian dan korban meninggal dunia 12 orang," ungkapnya.
Ditambahkan Hengky, untuk kendaraan yang terlibat kecelakaan masih didominasi oleh sepeda motor. Sedangkan untuk yang menonjol, adalah kecelakaan bus vs mobilio di Bangkalan, yang menyebabkan enam orang korban meninggal dunia.
"Untuk faktor penyebab kecelakaan paling dominan adalah human error," ujar perwira menengah dengan dua melati di pundaknya itu.
Selain human error, faktor lain yang menyebabkan kecelakaan masih tinggi adalah melanggar rambu-rambu lalu lintas dan kondisi jalan.
Sementara untuk pelanggaran lalu lintas selama Operasi Lilin, Polda Jatim melakukan tindakan tilang terhadap 9.820 pelanggar dan teguran sebanyak 3.878 pengendara di seluruh wilayah Jatim.
"Secara umum selama pelaksanaan operasi lilin semeru, wilayah Jatim cukup kondusif dan aman, kendati ada jumlah kejadian kecelakaan yang meningkat, dibandingkan sepuluh hari sebelum operasi," tandasnya.nt

Berita Populer