Angka Kesembuhan Covid-19 di Ponorogo Capai 93,8 Persen

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 17 Nov 2020 13:51 WIB

Angka Kesembuhan Covid-19 di Ponorogo Capai 93,8 Persen

i

Kadinkes Ponorogo Rahayu Kusdarini. SP/ DECOM

SURABAYAPAGI.com, Ponorogo - Kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Ponorogo berangsur membaik. Berkaitan dengan hal itu, jumlah kesembuhan pasien pun sudah mencapai 93,8 persen. Angka ini lebih tinggi dibandingkan Provinsi Jatim 89,2 persen, Selasa (17/11/2020).

Kadinkes Ponorogo Rahayu Kusdarini menjelaskan upaya yang dilakukan Pemkab Ponorogo bersama dengan tim terkait mulai dari pengetatan kegiatan dan operasi yustisi.

Baca Juga: Laka Lantas Mobil Pikap Vs Motor di Ponorogo, 1 Emak-emak Tewas Ditempat

"Angka kesembuhan kita lebih bagus dari provinsi. Ponorogo masuk urutan ketiga terbaik untuk angka kesembuhan se-Jatim. Jadi supaya ini cepet sembuh, yang sehat jangan jadi sakit, gencar melakukan edukasi," jelas Irin.

Menurutnya, untuk mencegah penyebaran cluster tersebut setelah berpergian masyarakat dihimbau segera melakukan isolasi dan menerapkan protokol kesehatan, terutama memakai masker. "Misal ada tamu dari luar kota saat hajatan nikahan, sebaiknya keluarga jauh itu melakukan rapid test anti gen atau anti bodi," ujarnya.

Saat ini, kesadaran masyarakat terkait testing Covid-19 sudah mulai banyak. Banyak masyarakat yang akan melakukan perjalanan bisa rapid test. "Selama menunggu hasil, sebaiknya isolasi mandiri. Agar mengurangi rantai penularan," imbuh Irin.

Baca Juga: Dishub Jatim: 3.835 Orang Mudik Gratis, Ponorogo Jadi Tujuan Favorit 

Walaupun begitu, pendekatan support dari penyintas Covid-19 kepada pasien yang terpapar ternyata juga bisa meningkatkan angka kesembuhan.

"Pemkab juga menyiapkan terkait SDM, terdiri dari mulai faskes tingkat pertama atau puskesmas ada 31 puskesmas dan memiliki 4 RS rujukan Covid-19 yang ada di Kabupaten Ponorogo," tandas Irin.

Kadinkes Ponorogo kembali menjelaskan bahwa SDM di Pemkab Ponorogo sudah cukup memadai, diantaranya memiliki 2 dokter spesialis paru, dokter umum tersebar di seluruh puskesmas yang ada dan tenaga analis hampir semua Puskesmas.

Baca Juga: Warga Ponorogo Serbu Gerakan Pangan Murah

"Sehingga kegiatan mulai tracing, testing, dan treatment (3T) Penanganan Covid-19 Ini di Ponorogo bisa diselenggarakan dengan cukup baik," ujarnya.

Data total kasus di Ponorogo, terkonfirmasi positif Covid-19 559 orang, sembuh 524 orang, meninggal 20 orang, isolasi 15 orang. Dsy14

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU