•   Kamis, 23 Januari 2020
Otonomi Daerah

Antisipasi Cuaca Ekstrim Musim Hujan, Personil ULP PLN Jombang Gelar Apel Siaga

( words)
Sejumlah personil ULP PLN Jombang saat cek peralatan dalam apel siaga. (SP/M. Yusuf)


SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Guna antisipasi cuaca ekstrim diwilayah pelayanan Jombang dan sekitarnya, puluhan personil dari Unit Layanan Pelanggan (ULP) Perusahaan Listrik Negara (PLN) Jombang, Jawa Timur, meggelar apel kesiapan jelang musim penghujan.

Dilaksanakan apel tersebut sebagai bentuk kesiagaan personil untuk menghadapi cuaca ekstrim, dan tindakan yang dilakukan saat instalasi listrik di wilayah ULP Kabupaten Jombang terganggu.

Manager Jaringan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mojokerto, Faris Fitrianto mengatakan, apel dilaksanakan serentak di seluruh ULP Kabupaten Mojokerto untuk persiapan akan datangnya musim penghujan.

"Kesiapan personil untuk selalu menjaga kesehatan dan keselamatan. Musim hujan berbeda dan memerlukan kewaspadaan yang lebih, sebagai langkah antisipasi cuaca ekstrim," katanya, usai apel pasukan di Kantor ULP Kabupaten Jombang, Kamis (14/11/2019).

Faris menjelaskan, dalam apel tersebut pihaknya mengecek langsung peralatan yang digunakan oleh personil di lapangan, mulai dari body protector hingga alat-alat elektronik yang digunakan.

"Alat kerja dan personil sangat penting guna melaksanakan tugas perawatan dan tindakan jika ada masalah dilapangan," jelasnya.

Menurut Faris, pihaknya berharap peran aktif masyarakat terkait perkembangan informasi dilapangan, yakni dengan segera melaporkan jika ada masalah dengan instalasi kelistrikan akibat cuaca ekstrim.

"Dengan melalukan panggilan ke 123 dari telepon rumah atau saat menggunakan handphone diawali dengan kode area. Misal untuk Jombang, yakni dengan 0321123, maka laporan tersebut akan segera ditindak lanjuti," pungkasnya.

Perlu diketahui, 10 ULP dibawah naungan UP3 Mojokerto, melaksanakan apel siaga waspada musim hujan dan cuaca ekstrim. 10 ULP yakni, ULP Mojokerto Kota, ULP Pacet, ULP Mojosari, ULP Mojoagung, ULP Jombang, ULP Ngoro, ULP Ploso, ULP Kertosono, ULP Warujayeng, serta ULP Nganjuk. (suf)

Berita Populer