APBD 2021 Lamongan Prioritaskan Penanganan Dampak Covid-19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 22 Nov 2020 15:47 WIB

APBD 2021 Lamongan Prioritaskan Penanganan Dampak Covid-19

i

Bupati Lamongan, H Fadeli saat menandatangani penetapan peraturan daerah tentang APBD tahun 2021. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Dampak yang timbul akibat pandemi covid-19 menjadi fokus Kabupaten Lamongan dalam melakukan penanganan. Bahkan penanganan akibat virus corona ini semakin kongkrit, setelah poster Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021 difokuskan melakukan penanganan  baik pada bidang kesehatan, penguatan ekonomi masyarakat dan jaring pengaman sosial yang bersinergi dengan program-program Pemerintah Pusat. 

Hal tersebut disampaikan Bupati Lamongan Fadeli pada rapat paripurna , dalam rangka penetapan Peraturan Daerah  tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun  2021 di Gedung DPRD Lamongan yang digelar saat hari libur pada  Sabtu (21/11/2020 lalu).

Baca Juga: Bocah di Lamongan Tewas Tenggelam di Telaga

Lebih lanjut  Fadeli mengatakan, komposisi  rancangan APBD 2021 yang telah mendapat persetujuan tersebut yakni, Pendapatan Daerah ditargetkan sebesar 3,7 triliun, Belanja Daerah dialokasikan sebesar 3,9 triliun, sehingga defisit yang terjadi sebesar 21,4 milyar, dan dari defisit tersebut akan dilakukan pembiayaan melalui penerimaan pembiayaan sebesar 28,3 milyar, serta pengeluaran pembiayaan dialokasikan sebesar 6,9 miliar.

Baca Juga: Kupatan Tanjung Kodok, Lestarikan Tradisi dan Promosi Wisata Lamongan

Fadeli menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Lamongan memiliki 7 (tujuh) prioritas pembangunan dalam APBD 2021. Tujuh prioritas tersebut adalah peningkatan ekonomi, infrastruktur, kualitas dan aksesibilitas serta produktivitas dan daya saing, peningkatan pelestarian nilai-nilai budaya lokal dan kepedulian sosial, produksi dan produktivitas komoditas pertanian, ketahanan bencana dan lingkungan hidup, serta peningkatan ketentraman keamanan ketertiban umum dan pelayanan publik.

Diakhir sambutannya Fadeli menyampaikan apresiasi kepada seluruh fraksi yang telah memberikan masukan, kritik juga saran atas rancangan APBD Tahun 2021, serta mengajak semua pihak untuk turut menjaga Lamongan agar tetap kondusif utamanya berkaitan dengan pesta demokrasi mendatang.

Baca Juga: Hari Pertama Masuk, Layanan Publik Lamongan Mulai Beroperasi

"Marilah kita wujudkan amanah masyarakat dengan sungguh-sungguh membangun dan memperbaiki kesejahteraan mereka. Kita jaga Lamongan ini agar tetap kondusif, aman dan nyaman terutama berkaitan dengan Pesta Demokrasi," pungkas Fadeli. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU