•   Senin, 24 Februari 2020
Internasional

AS Tak Berhasil Lemahkan Kesepakatan Nuklir Iran

( words)
Presiden Iran, Hassan Rouhani


Pernyataan Presiden Iran, Hassan Rouhani ini muncul tidak lama setelah Presiden AS, Donald Trump melemparkan ancaman terhadap negara kekuatan dunia lainnya terkait kesepakatan ini. Rouhani menyebut, ancaman ini adalah bukti lain dari kegagalan AS untuk melemahkan kesepakatan nuklir. TEHERAN, Ahmed Mustofa.
Rouhani menyatakan AS telah gagal untuk melemahkan kesepakatan nuklir Iran. Menurut Rouhani, hal ini terlihat semakin kuatnya dukungan terhadap kesepakatan itu dari negara kekuatan dunia lainnya.
"Pemerintah Amerika telah gagal untuk melemahkan kesepakatan nuklir. Trump, terlepas dari usaha berulangnya, telah gagal untuk meruntuhkan kesepakatan tersebut. Kesepakatan tersebut merupakan kemenangan jangka panjang bagi Iran," kata Rouhani, seperti dilansir Reuters.
Seperti diketahui, Jumat lalu Trump mengancam akan membuat Amerika Serikat (AS) menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran tahun 2015 jika kekurangan dalam poin kesepakatan itu tidak direvisi.
Presiden AS tersebut meminta sekutu-sekutu Eropa-nya untuk membantu merevisi kekurangan yang dia sebut sebagai “bencana” dalam perjanjian yang disepakati antara Iran dan enam kekuatan dunia (AS, Rusia, Inggris, Prancis, Jerman dan China).
"Meskipun saya memiliki kecenderungan kuat, saya belum menarik AS dari kesepakatan nuklir Iran. Sebagai gantinya, saya telah menggariskan dua kemungkinan jalan ke depan, revisi kerugian dari kesepakatan itu, atau AS akan menarik diri!" tegas Trump. 07

Berita Populer