•   Senin, 17 Februari 2020
Geliat Partai Politik

Asluchul Alif Paling Moncer, Qosim-Yani Menguat

( words)
FOTO: Ketua DPC PKB, Mohammad Qosim mengepalkan tangan bersama Ketua DPRD Gresik, Fandi Akhmad Yani, beberapa waktu lalu.


SURABAYA PAGI, Gresik - Misteri siapa sosok yang paling berpeluang maju Pilkada Gresik versi hasil survei mulai terkuak. DPP dan DPD Partai Golkar Kabupaten Gresik akhirnya merilis hasil survei dari Pusat Studi Demokrasi dan Hak Asasi Manusia (PusdeHAM) Surabaya.
Dari 10 bacabup dan bacawabup yang mengikuti penjaringan, mereka disurvei secara berpasangan dengan obyek perilaku memilih masyarakat dalam Pilbup Gresik 2020. Hasilnya, duet Moh. Qosim - Ahmad Nurhamim (Anha) menempati peringkat pertama sebesar 68,4 persen.
Disusul, Asluchul Alif - Anha 10,2 persen, Tri Putro Utomo - Anha 1,2 persen, Achmad Nadlir - Anha 2,2 persen, Sueb Abdullah - Anha 1,2 persen. Kemudian, Ahmad Effendy Noor - Anha 0,5 persen, Anha - Agus Mualif 1,8 persen, Anha - Muhammad Nuh 2 persen, Anha-Achmad Nadlir 3,6 persen, dan Anha - Suberi 1,8 persen.
Sekretaris DPD Golkar Kabupaten Gresik, Atek Riduan membenarkan hasil survei bacabup dan bacawabup yang dilakukan oleh PusdeHAM sudah dirilis oleh pihaknya.
"Kami salah satunya menggandeng PusdeHAM untuk menyurvei para calon," ujar Atek, Selasa (14/1).
Menurut Atek, survei ini dilakukan PusdeHAM mulai 2-12 Desember 2019. Nantinya, hasil survei itu dikirim ke DPP untuk bahan pijakan menentukan rekom.
"Hasilnya sudah kami kirim ke DPP. Saat ini, kami tengah menunggu turunya rekom pasangan bacabup dan bacawabup yang akan kami usung pada Pilbup Gresik 2020," pungkas politikus Driyorejo ini.
Qosim-Yani
Di lain pihak, dukungan internal terhadap ketua DPC PKB Kabupaten Gresik, Mohammad Qosim terus mengalir. Tidak hanya itu, mereka juga mengusung duet pasangan kader internal Qosim - Yani.
Yani merupakan sapaan akrab ketua DPRD Gresik Fandi Akhmad Yani, kader internal PKB. Yani dinilai sosok pas untuk mendampingi Qosim yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Gresik.
Duet Qosim - Yani dinilai kolaborasi senior dan perwakilan dari kaum milenial. Sehingga presentase pasangan tersebut animonya cukup besar.
"Persentase dukungan dari teman-teman internal 70 persen terhadap pasangan Qosim - Yani," ujar Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC PKB Gresik, Abdul Qodir, Selasa (14/1/2020).
Diketahui, pasangan Qosim - Yani terdengar gaungnya dalam rapat konsolidasi di Graha Gus Dur kantor PKB Gresik, jalan RA Kartini, Sabtu (11/1/2020) lalu.
Usulan dari DPAC dan Kyai untuk memasangkan Qosim-Yani. Namun, pihaknya mengaku hal itu masih butuh tindak lanjut lagi.
"Nanti kita rapatkan di tingkat PAC dengan 365 ranting. Kemudian kita usulkan ke DPP," katanya.

Berita Populer