•   Jumat, 13 Desember 2019
CatatanHukum

Awas! Pemimpin Koleksi Perempuan yang Suka Dipamerkan

( words)
H. Tatang Istiawan


Surat Terbuka (Tafakur) untuk Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi tentang Perilaku Etis, Komunikasi Politik dan Leadership Pejabat Publik (2)

Sdr. Azwar Anas,
Tiga hari setelah harian kita memuat berita berjudul “Anas, ‘Digoyang’ Perempuan lagi, edisi Jumat (5/01/2018) Minggu yang lalu, saya mendapat telepon dari beberapa orang yang mengaku kenal dengan Anda dan perempuan yang berinisial AK.
Seorang pengusaha yang pernah menjadi pengurus REI Jatim mengatakan pemimpin yang spektakuler itu doyan perempuan, seperti Soekarno. Dan dengan AK, dia kenal baik, karena tahu background sebagai penyanyi. Bahkan pernah mobilnya dinunuti (ditumpangi) dari Juanda ke kota. Tapi ia tidak punya niat lain, meski di mobil itu hanya ia berdua. Seorang pejabat berstatus PNS mengaku tahu profesi AK, sebagai penyanyi. Sedangkan ada dua advokat yang sama-sama jadi pengurus di partai politik tingkat provinsi Jatim. Salah satunya, satu partai dengan sdr. Bambang Haryo, sedangkan satunya pengurus partai besutan Amien Rais.
Advokat dari partai Gerindra ini menyatakan kenal dengan Bambang Haryo dan istrinya, AK. Antara lain, Bambang Harjo, konon suka ke Trenggalek, “merevisi” alatnya. “Apa yang dimuat di koran Anda, itu masih sebagian. Saya bisa beberkan lebih seru,” kata advokat yang dikenal galak di ruang sidang.
Sementara advokat yang lain menginformasikan Anda, diketahuinya suka memamerkan koleksi perempuan ke teman-teman Anda dari dalam HP Anda. Perilaku Anda yang suka pamer cewek ini juga dilakukan oleh mantan Wali Kota Surabaya. Pejabat publik yang kini anggota legislatif tingkat provinsi Jatim juga dikenal kolektor wanita muda. Bahkan mantan Wali Kota Surabaya yang pengurus sebuah yayasan perguruan tinggi swasta di Surabaya, juga diketahui oleh sejumlah dosen sebagai pengoleksi wanita muda di handphonenya.

Sdr. Azwar Anas,
Dalam berita edisi Jumat minggu yang lalu itu, ada kabar dugaan kedekatan Anda dengan AK, istri anggota DPR ini. Kabar ini mencuat dan beredar di kalangan wartawan politik sejak Kamis (4/1/2018). Cuatan ini disertai foto seorang pria berambut krukat mirip Anda. Dalam foto, pria yang sedang menggunakan piyama handuk warna krem sedang bercumbu dengan seorang wanita yang juga mengenakan piyama sewarna. Tak tahu siapa yang mengabadikan. Diduga foto itu menggunakan kamera timer hp atau ada kamera tersembunyi, bukan fotografer.
Perempuan yang bernama AK (singkatan) diketahui bekas model yang cukup aktif di organisasi kewanitaan di Surabaya. Dia juga pengurus organisasi pengusaha. Dia kelahiran tahun 1981. Selain model, ia juga dikenal sebagai penyanyi saat dirinya masih berusia 20 tahun. Ada yang menyebut AK, istri kedua dan ada yang menyebut istri ke-4. Usianya jauh lebih muda dari suaminya. Meski statusnya bukan first lady Bambang Harjo, yang dikenal pengusaha kapal ferry penyeberangan di Tanjung Perak, AK pernah menjadi juri Pemilihan Miss Global pada tahun 2017. Kabar yang berkembang, Anas juga diisukan dekat dengan AK, cukup lama. Teman pengusaha tidak paham, kedekatan Anas dengan AK, sebelum atau sesudah dinikahi BH, politisi yang kini menjadi anggota DPR-RI.

Sdr. Azwar Anas,
Meski Anda masih berusia dibawah kepala 5, insha Alloh kenal dan tahu dengan Soekarno, presiden yang termasyhur akan kharismanya.
Dia adalah pemimpin yang diingat akan kata-katanya yang mengobarkan heroisme semangat perjuangan.
Soekarno, juga dikenal sebagai seorang pria yang punya banyak cerita menarik dengan sejumlah wanita (yang mana tak ada wanita di sekitarnya yang tidak cantik). Tak keliru, pangeran Norodom Sihanouk menjulukinya ‘Don Juan’ karena kagum akan sosoknya yang selalu dikelilingi wanita. Tetapi Soekarno, tidak dianggap seorang ‘player‘ apalagi buaya darat.
Dalam buku-buku sejarah, Soekarno, ditulis hanya seorang pengagum makhluk cantik ciptaan Tuhan. BK, singkatan dari nama Bung Karno, dicatat sebagai pemimpin pria yang paham letak pesona wanita dan bagaimana cara memujinya. Pria seperti Soekarno memang tidak cuma satu, tapi juga tidak banyak di muka bumi ini. Pertanyaannya apakah Anda meniru Soekarno sebagai “Don Juan” atau mewarisi suka mengoleksi wanita cantik. Wallahualam. Hanya Anda yang merasakan dan Alloh yang maha tahu.
Sejarah mencatat, pria seperti Soekarno adalah pemimpin yang bisa memikat hati banyak wanita. Ini fakta sejarah.
Tentang Anda, sampai pertemuan saya yang ketiga dengan Anda, saya belum sempat mengorek cara Anda merayu wanita. Demikian juga Anda belum pernah mengeluarkan jurus mabuk menaklukkan wanita, meski secara privat kepada saya. Tapi Soekarno, menulis cara memikat hati wanita? Dengan Hartini, dia
Sula mengumbar pujian pada janda lima anak. Akhirnya Soekarno, mampu menjerat hati Hartini lewat rayuan mautnya. “Sudah punya lima anak, tapi masih secantik ini?” Tahu sendiri perempuan kalau makin berumur, sering kali mengkhawatirkan kecantikannya. Tapi ketika seorang pria seperti Soekarno malah mengatakan yang sebaliknya, luluhlah hati Hartini.
Juga kepada Kartini Manoppo, wanita terpelajar yang juga sempat menjadi pramugari. “Ikutlah bersamaku, Terbang bersama aku. Tetaplah jadi kekasihku,” tulis Soekarno. Bagaimana kira-kira perasaan Kartini tidak ikut membumbung tinggi ke angkasa bersama kata-katanya?
Demikian juga saat merayu Ratna Sari Dewi, wanita Jepang yang memikat hati Soekarno. Putra fajar ini menulis sepucuk surat dengan bunyi, “Mengapa engkau marah pada saya? Ini membuatku sedih dan putus asa. Kekasih, tenanglah. Dewi manis, tenanglah.” Kata-kata ini yang mampu melelehkan kebekuan hati Dewi.
Pendeknya, Bung Karno selalu bisa membuat wanita yang sedang bersamanya merasa istimewa. Misalnya saat ia menebar kalimat manis puitis dan filosofis pada Heldy Djafar di dalam mobil. Saat itu Soekarno, sudah berusia 64 tahun dan Heldy, masih bau kencur. “Dik, kau tahu? Kau tidak pernah mencari aku, aku juga tidak pernah mencari kau. Tapi Allah sudah mempertemukan kita
Lead the men and the women will follow. Ungkapan itu sama sekali bukan isapan jempol. Sekarang coba Anda pikirkan, mengapa para fans cenderung lebih memuja sang vokalis dalam sebuah band rock dibanding dengan pemain musik lainnya? Mengapa para pemimpin rohani di tempat ibadah Anda selalu dikelilingi wanita? Mengapa boss-boss dengan mudahnya selingkuh dengan sekretarisnya? Mengapa kepala daerah berusia muda dan telah menoreh prestasi mudah mendekati perempuan. Jawabannya: karena mereka adalah pemimpin yang punya “power” harta dan kekuasaan. Tak salah, sebagian wanita cantik tertarik dengan sosok pemimpin yang “spektakuler”.
Pertanyaannya, apa yang membuat wanita tertarik kepada pria yang tidak ada hubungannya dengan ketampanan seperti Anda?. Konon, umumnya wanita tertarik pada pria yang memiliki kepribadian yang bersinar (glossy).
Salah satu dari unsur kepribadian yang glossy adalah leadership, kepemimpinan. Artinya, seorang pria glossy adalah pria yang dapat memimpin, bukan saja dirinya sendiri, tapi juga orang-orang disekitarnya dan yang pasti, para wanita.
Pengalaman saya selama ini, umumnya wanita sangat menyukai pria apabila Pria berusaha untuk menyenangkan wanita.
Misal dalam mengambil keputusan tentang makan siang atau malam. Kita perlu bertanya apa dan di mana makanan kesukaannya? Cara sederhana ini menunjukkan Anda telah berusaha pada hal-hal kecil tapi berkesan. Cara ini berarti Pria telah mengambil waktu untuk memikirkan tentang kencan itu.
Nah, pemimpin yang kuat itu hadir karena kuatnya dorongan sang istri resmi, bukan istri kedua, ketiga atau selingkuhannya.
Sejarah mencatat, Pak Soeharto (alm) kuat kepemimpinannya karena dorongan istri resminya, Ibu Tien (alm). Bill Clinton bisa 2x periode memimpin AS walau tertimpa skandal, karena kekuatan Hilary. Begitu pula SBY, semua tahu ada Ibu Ani yang selalu mensupport kepemimpinannya right or not right. Anda pernah diguncang kawin siri juga dengan Ayu Azhari. Percaya? Silakan berpikir. Ada tafakur. (tatangistiawan@gmail.com)

Berita Populer