•   Senin, 16 September 2019
Hukum & Pengadilan

Badan Susut 7 Kg, Minta Asisten Beli Makanan di Luar

( words)
Vanessa Angel


Vanessa Angel setelah 18 Hari Ditahan Polda

Hendarwanto - Erick Tresnadi,
Wartawan Surabaya Pagi.
Kondisi Vanessa Angel memprihatinkan sejak ditahan Polda Jatim, Senin (4/2/2019) silam, lantaran menjadi tersangka konten pornografi terkait prostitusi online. Bahkan, berat badan Vanessa turun drastis hingga 6-7 kg. Benarkah ia stres selam mendekam di tahanan? Apalagi kekasihnya, Bibi Ardiansyah, terlihat dugem bareng bersama selebgram Anya Geraldine.
-----
"Kondisinya baik-baik saja, cuma badannya kurus. Turun sekitar 6 sampai 7 kilogram lah," ucap Lidya selaku manajer Vanessa Angel, Kamis (21/2/2019).
Berat badan Vanessa Angel menyusut drastis lantaran syok dan tertekan atas kasus yang dialaminya. Vanessa Angel tidak pernah menyangka dirinya akan mendekam di dalam tahanan.
Terkait soal makanan, Vanessa Angel terkadang meminta kepada asistennya untuk dibelikan makanan dari luar penjara. Kebetulan asisten Vanessa Angel tinggal di Surabaya, supaya bisa sering berjumpa dengan mantan Vanessa dan bisa melayani kebutuhannya.
"Kalau makan, Vanessa kadang minta beliin sama asistennya. Asistennya kan nunggu di sana (Surabaya), kita kontrakkan (rumah) dia di sana," papar Lidya.
Kuasa hukum Vanessa, Rahmat Santoso juga membenarkan berat badan Vanessa yang turun 6 kg. Namun kondisi Vanessa yang ditahan pascakeluar dari RS, turut mempengaruhi penurunan beratnya. Apalagi, sejak dulu Vanessa memang dikenal memiliki penyakit yang bisa sewaktu-waktu kambuh. "Namanya orang kepikiran, kalau kita lihat dari riwayatnya kan memang dia sakit," ujar Rahmat.
Belum lagi masalah dengan keluarganya. Sejak ditahan, Vanessa belum pernah dijenguk oleh ayahnya. Sedang ibunya sudah lama meninggal. "Kedua adalah masalah tentang keluarganya, apalagi ibunya kan sudah meninggal ketika dia masih kecil," ungkap Rahmat. "Apa lagi ada masalah yang dihadapi. Kalau stress, itu manusiawi," imbuh dia.
Karena itulah, pihaknya telah mengajukan penangguhan penahanan ke penyidik. Namun hingga kini pengajuan tersebut masih belum dikalbulkan.
"Kita sudah mengajukan penangguhan penahanan, tapi kalau tidak dikabulkan ya mohon kepada penyidik kita untuk dipercepat prosesnya," tutur pria yang menjadi Ketua Umum Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI) ini.
Sementara itu, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera justru mengatakan jika kondisi kesehatan Vanesa tidak masalah. Meski sempat dirawat di rumah sakit Bhayangkara karena sakit maag, sinus, hingga migrain. Barung menegaskan Vanessa sudah sembuh dan kini dalam kondisi sehat. “Sehat dong, kalau ndak sehat ya di rumah sakit," cetus Barung dihubungi terpisah.
Bahkan Barung memuji Vanessa karena rajin bersih-bersih selama di tahanan.
"Vanessa ini sebenarnya rajin ya anaknya, sering membersihkan kalau pagi. Kemudian jendela-jendela kaca juga dibersihkannya, dia menyapu," ungkapnya.
Mengenai kabar Vanessa beli makan dari luar, Barung menepisnya. Menurutnya, Vanessa juga mendapat jatah makanan tahanan seperti tahanan lainnya. "Itu kan isu-isu aja, dia makan juga kok, dia makan dari jatah makanan yang khusus untuk tahanan," tandasnya.
Sebelumnya, usai ditetapkan sebagai tersangka kasus penyebaran konten asusila yang melanggar UU ITE, polisi memutuskan untuk menahan Vanessa. Vanessa ditahan sekeluarnya dari RS Bhayangkara pada Senin (4/2) silam. n

Berita Populer