Bahan Koin Kuno dari Kuningan dan Tembaga, Dilebur untuk Kerajinan Patung

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 16 Okt 2020 14:36 WIB

Bahan Koin Kuno dari Kuningan dan Tembaga, Dilebur untuk Kerajinan Patung

i

Lahan sawah di Bareng, Jombang yang ditutup dari aktivitas pencarian koin kuno. SP/ M. Yusuf

SURABAYAPAGI.com, Jombang - Perburuan koin kuno yang dilakukan oleh warga dilahan milik Samari (50), di Desa/Kecamatan Bareng, Jombang, Jawa Timur, ternyata dijual ke pengepul barang rongsokan.

Salah satu warga setempat, Tawar (40), mengatakan, dirinyaa bersama warga lainnya beburu koin kuno di lahan sawah berhasil menemukannya hingga tiga kilogram.

Baca Juga: Kesadaran Politik Anak Muda Makin Tumbuh, Santri Jombang Antusias Diskusi Bareng Gus Sadad

"Perkiraan saya dapat sekitar 3 - 4 kilogram. Kita nyarinya dengan cara digali. Koin kuno saya jual ke pengepul barang rongsokan Rp 150 ribu per kilogram," katanya, kepada jurnalis, Jumat (16/10/2020.

Tawar tidak tahu koin kuno itu dibuat apa. Dirinya hanya menjual saja dan hasilnya dibagi rata. Koin kuno salah satunya dijual ke pengepul rongsokan di Jalan A Yani, Desa/Kecamatan Bareng.

Baca Juga: Gegara Sisa Pembakaran Kayu, Pabrik Jajanan Tradisional di Jombang Dilahap Si Jago Merah

Salah satu pengelola rongsokan, Angga Tutus (26), mengungkapkan, bahwa dirinya membeli koin kuno yang ditemukan warga di lahan pertanian milik Samari.

"Ya benar (saya beli, red). Harganya per kilogramnya Rp 100 - 150 ribu. Cuman ditebus kembali sama warga. Mungkin dibuat koleksi sendiri sama orangnya," ungkapnya.

Angga memaparkan, jika koin kuno itu berbahan tembaga dan kuningan. Biasanya ia jual kembali ke sentra perajin kuningan di Kecamatan Mojoagung, Jombang.

Baca Juga: Dinas PUPR Jombang Tambal Jalan Berlubang

"Kalau gak ditebus lagi ya saya kirim ke pelebur kuningan di Mojoagung. Biasanya dibuat kerajinan patung gitu," pungkasnya.

Aktivitas pencarian koin kuno kini sudah dihentikan oleh pemerintah desa setempat. Kepala Desa Bareng Kasianto sudah melaporkan aktivitas pencarian koin kuno itu ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang. (suf)

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU