BAIC Cina Borong 5% Saham Daimler

SURABAYAPAGI.com - Beijing Automotive Group Co Ltd (BAIC) China telah membeli 5% saham di Daimler (DAIGn.DE), dengan memborong saham BAIC hubungan antara keduanya juga bertambah erat setelah Zhejiang Geely Holding China muncul sebagai pesaing potensial.

BAIC adalah mitra utama Daimler di Cina, yang mengoperasikan pabrik Mercedes-Benz di Beijing melalui Beijing Benz Automotive, hingga 2018 ketua Geely Li Shufu membeli 9,69% saham Daimler dengan tujuan membentuk aliansi untuk mengembangkan mobil listrik dan self-driving.

"Langkah ini memperkuat penyelarasan kami dengan dukungan kuat untuk manajemen dan strategi Daimler," kata ketua BAIC, Heyi Xu, Selasa.

Pada bulan Mei BAIC berusaha untuk membeli saham hingga 5 persen di Daimler sebagai cara untuk mengamankan investasinya di Beijing Benz Automotive.

Sejak 2013, Daimler telah memiliki saham di anak perusahaan BAIC yang terdaftar di Hong Kong, pihaknya juga menyambut baik investasi BAIC.

Tingginya biaya baterai mobil listrik telah mempersulit para pembuat mobil untuk membangun kendaraan tanpa emisi yang terjangkau dan membuat beberapa dari mereka menyerang aliansi dengan mitra China.

Daimler yang berbasis di Stuttgart pada bulan Maret setuju untuk membangun generasi berikutnya dari city-branded Smart dengan Geely, yang berbasis di Hangzhou.

Daimler telah meyakinkan BAIC bahwa setiap aliansi industri baru yang melibatkan Mercedes dan mitra Cina hanya akan terjadi setelah konsensus ditemukan dengan BAIC.