Baksos Polres, Pemkab dan PWI Sasar Warga Terdampak Covid-19

Kapolres AKBP Harun saat memberikan paket sembako kepada warga Desa Weduni Kec Deket. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Upaya untuk ikut andil dalam melawan covid-19 terus dilakukan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lamongan. Insan pers Kota Soto itu, menyalurkan paket sembako kerjasama Polres dan Pemkab Lamongan ke warga terdampak covid-19 di Desa Weduni Kecamatan Deket, Selasa (27/10/2020).

Paket sembako ratusan itu, dibagikan ke warga sebagai rasa empati atas musibah covid-19, dan juga adanya musibah penyakit tanaman padi yang berdampak panen yang hasilnya tidak maksimal tahun ini.

Karuan saja, aksi sosial bagi sembako ini disambut suka cita oleh warga yang berada di wilayah langganan banjir, hal itu diperlihatkan cara mereka menyambut tamu dari keluarga besar Polres, Pemkab dan PWI Lamongan.

Kepala Desa Weduni Yasin mengakui jika hal ini merupakan sesuatu hal yang sangat membahagiakan. "Ini kegiatan yang bisa buat senyum masyarakat, sangat terima kasih teman-teman Wartawan yang tergabung di PWI , Kapolres, pak Bupati yang telah ikut membantu," terangnya.

Ketua PWI Lamongan Bachtiar Febrianto mengatakan, kalau kegiatan baksos kali ada kejutan dan kehormatan, dimana bupati H Fadeli ikut hadir dan juga memberikan bantuan sembako ke masyarakat Weduni.

"Semoga kegiatan ini mudah - mudahan mendapatkan ridho dari Allah SWT, dan Covid - 19 segera hilang, dan masyarakat kembali bisa beraktivitas normal, dan kembali menata ekonomi yang sempat cukup terdampak selama pandemi covid-19," harapnya.

Kapolres Lamongan AKBP Harun mengatakan, kegiatan Bakti sosial yang diinisiasi oleh PWI ini seperti harus terus berlanjut. Jadi PWI Lamongan harus ikut turut serta bersama - sama untuk membantu kondisi kesulitan masyarakat Lamongan. 

Selain itu kata Harun, Forkopimda juga selalu ingin bersama - sama untuk menyelesaikan segala permasalahan di masyarakat. "Bupati Fadeli juga ingin masyarakatnya bisa sejahtera dan bahagia, mari saling bahu membahu dan membantu meringankan beban masyarakat," ajak Kapolres. 

Dalam kesempatan itu, Kapolres juga mengajak di momen Pandemi yang bersamaan dengan momentum Pilkada ini agar masyarakat tetap menjaga kerukunan antar sesama warga. "Jangan sampai hanya beda pilihan membuat kita semakin terpecah belah, dan apabila ada informasi yang belum jelas mohon jangan terlalu di respon dan disebarluaskan. Karena itu nantinya bisa berimbas pada hukum pidana," ajaknya.

Ia juga mengajak  untuk bersama menjaga kerukunan di tahun politik  yang sebentar lagi akan digelar Pilkada 2020. "Mari kita menjaga kerukunan antar sesama bangsa. Semoga persatuan dan kesatuan ini terus dapat kita teguhkan dan masyarakat di desa setempat di semua sektor desa Weduni berjalan lancar pertaniannya dan maksimal produksinya," harapnya.

Sementara itu, Bupati Fadeli menyebutkan, sinergitas seluruh elemen juga menjadi hal yang penting dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini. 

"Hari ini Lamongan masih dalam kondisi Zona Kuning,mudah - mudahan secepatnya menjadi hijau. Tugas kami di Satgas Covid-19 kita fokus ke pemulihan ekonomi. Bagaimana bisa pulih kembali dan UMKM kembali bangkit dan normal," ungkapnya.

 Pihaknya juga terus berupaya menata dan menggenjot sektor ekonomi. Dan dampak ekonomi penyumbang terbesar adalah dari sektor pertanian dan perikanan.

" Sektor pertanian dan perikanan terus kita selesaikan bersama dengan masyarakat. Untuk itulah mari kita doa bersama sembari juga ikhtiar kita saat ini sudah menjalani uji klinis dan insya Allah bulan depan supaya sudah dapat obat Covid-19,"terang Bupati. 

Dia menambahkan,Kepada PWI Lamongan mari terus bersinergi untuk berbuat kepada bangsa dan masyarakat Lamongan. "Semoga ini membawa manfaat yang besar bagi warga Lamongan," pungkasnya. jir