•   Senin, 6 April 2020
Internasional

Balita Bikin iPhone Ibunya Terkunci Selama 48 Tahun

( words)
Ilustrasi


SURABAYAPAGI.com - Seorang anak laki-laki berusia dua tahun di Shanghai, China, disebut telah ‘?mengunci’ iPhone sang ibu. Balita itu tak sengaja memasukkan kode sandi yang salah berulang kali.
Sang ibu, yang tidak disebutkan namanya ini, mengatakan bahwa anak kesayangannya itu awalnya sedang menonton video pendidikan di YouTube memakai iPhone, sementara sang ibu melakukan aktivitas harian di rumah.
Rupanya iPhone tersebut terkunci secara otomatis. Dengan polosnya, si anak berusaha membuka kunci dengan mengutak-atik pin sandi iPhone. Namun, usahanya tidak berhasil.
Ketika sudah menyelesaikan pekerjaanya, sang ibu lalu mendatangi anaknya yang dilihat sedang utak-atik iPhone. Saat iPhone-nya diambil, ibunya kaget karena smartphone-nya tidak terbuka. Usut punya usut, sang anak memasukkan pin yang salah berkali-kali. Akibatnya, iPhone sang ibu terkunci dan hanya bisa dibuka dalam waktu 25 juta menit ke depan atau sekitar 48 tahun lagi.
"Saya tidak bisa menunggu selama 48 tahun. Saya membayangkan mengatakan kepada cucu saya kalau ‘ini kesalahan ayahmu yang telah mengutak-atik iPhone saya’," kata si ibu.
Secara teoritis, hal yang sama bisa terjadi pada telepon Anda jika seseorang menghabiskan cukup lama mengetik dengan kata kunci yang salah. Sistem keamanan Apple akan mengunci telepon dan meningkatkan waktu kuncian setiap kali kata kunci salah dimasukkan. “Saya pernah melihat iPhone terkunci dalam durasi 80 tahun,” ujar seorang teknisi di China.
Cerita ini memicu perdebatan sengit di China. Para orangtua seharusnya tidak memberikan ponsel kepada anaknya dan membiarkannya bermain tanpa pengawasan.
"Jadi, hati-hati dan pastikan Anda tidak memberikan telepon ke anak. Ini pelajaran berharga untuk saya," ungkap sang ibu, bernada menyesal. (viv/01)

Berita Populer