•   Rabu, 8 April 2020
Gas Dan Bumi

Banjir Bandang Lumpur

( words)
Banjir bandang yang membawa material lumpur menerjang Desa Sempol Kecamatan Ijen, Bondowoso, Rabu (29/1/2020).


SURABAYAPAGI.COM,Banjir banding lumpur menerjang perkampungan di lereng Gunung Ijen, Rabu (29/1/2020). Tinggi muka air banjir bandang yang terjadi sekitar pukul 13.00 WIB itu sekitar 60 centimeter. Berdasarkan hasil pendataan, jumlah keluarga yang terdampak sekitar 250 Kepala Keluarga (KK) di Desa Sempol, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso.

Kejadian yang menerjang kecamatan yang berbatasan dengan Banyuwangi tersebut, tersebar di media sosial dan media chating WhatsApp. Tampak dalam potongan beberapa video tersebut, banjir disertai dengan lumpur.
"Ya Allah, ya Alla. Banjir ya Allah. Ya Allah banjir ya Allah, duh Ya Allah," seru salah satu warga dalam sebuah video berdurasi 30 detik tersebut.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan hujan mengguyur kawasan Pegunungan Ijen di hulu. Sedang kawasan hulu merupakan hutan yang kini kondisinya gundul akibat dari kebakaran hutan yang terjadi pada 2019 lalu. "Hutan yang gundul di wilayah Pegunungan Ijen diduga menjadi faktor terjadinya banjir bandang," ujarnya.n nt

Berita Populer