Bantu UMKM, Pertamina Gercep Beri Inovasi Pinky Movement

Ilustrasi UMKM dan UKM. SP/BSR

Unit Manager Communication & CSR Marketing Operation Region (MOR) VII PT Pertamina (Persero), Hatim Ilwan, mengatakan Pertamina siap mendukung upaya mendorong pelaku UMKM untuk bangkit kembali. "Pertamina melalui Program Kemitraannya akan memberikan stimulus bagi pelaku UMKM berupa bantuan permodalan dengan biaya administrasi yang hanya 3 persen per tahunnya," ungkap Hatim,melalui rilisnya, Kamis (11/6/2020).

Selain itu, lanjut Hatim, Pertamina juga membuat suatu inovasi yang dinamakan Pinky Movement. Program ini merupakan bagian dari program pembiayaan dan pembinaan kepada UMKM yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan UMKM terutama bagi sektor yang bersentuhan langsung dengan rantai bisnis Pertamina.

"Fokus utamanya adalah UMKM yang dalam menjalankan usahanya menggunakan produk LPG dari pertamina serta pengusaha LPG 3kg," lanjutnya.

Pinky Movement yang dijalankan ini tidak hanya sekedar bantuan permodalan tetapi juga langkah pertamina untuk mengedukasi masyarakat agar menggunakan produk LPG yang lebih berkualitas dan sesuai dengan haknya.

Sosialisasi program Pinky Movement di wilayah kerja Pertamina MOR VII, masih menurut Hatim, telah dilaksanakan dari bulan Mei lalu. "Saat ini telah terkumpul sekitar 100-an lebih UMKM maupun pengusaha LPG 3kg yang tertarik untuk mengikuti program ini," ujar Hatim.

Di tempat berbeda, Unit Manager Communication Relations & CSR Marketing Operation Region III Dewi Sri Utami mengatakan bahwa dalam pengembangan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang paling terdampak Covid-19. Pertamina menggunakan  Program Kemitraan (PK), yakni program pengembangan pelaku usaha UMKM diantaranya melalui permodalan, pemberian pelatihan dan sertifikasi, serta akses pasar.

“Program kemitraan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial Pertamina dalam mendorong kemandirian masyarakat, khususnya UMKM yang ingin mengembangkan usahanya,” kata Unit Manager Communication Relations & CSR Marketing Operation Region III Dewi Sri Utami dalam pernyataannya, Kamis (11/6/2020).

“Sehingga secara tidak langsung, Pertamina juga mendorong peningkatan ekonomi masyarakat,” tambah Dewi.p2