•   Selasa, 22 Oktober 2019
TapalKuda

Banyuwangi Bersiap Menjadi Taman Nasional Geopark

( words)
Tim Geopark Banyuwangi, saat paparan rencana kegiatan dihadapan Bupati Abdullah Azwar Anas.


SURABAYAPAGI, Banyuwangi- Selangkah lagi Banyuwangi bakal memiliki Taman Nasional Geopark (TNG). Usulan tentang penetapan Banyuwangi sebagai kawasan TNG ini sudah berada di meja kerja Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI. Demikian diungkap oleh salah seorang anggota Tim Badan Pengelola Geopark Banyuwangi, Ir Suhaili Yalin, Selasa (2/10).
Menurut Suhaili Yalin, penetapan status sebagai TNG ini akan semakin melengkapi prestasi Banyuwangi, setelah sebelumnya Taman Wisata Alam Gunung Ijen dan Taman Nasional Alas Purwo sudah ditetapkan sebagai cagar biosfer dunia oleh UNESCO.
Dijelaskan, berdasarkan penilaian dari Tim Jejaring Geopark Indonesia yang telah beberapa kali meninjau ke lapangan, Banyuwangi memiliki 3 kekhasan geologi yang distandarkan UNESCO. ketiga kekhasan itu meliputi; Geodiversity (keragaman Bumi), Biodiversity (Keragaman Hayati) dan Cultural Diversity.

Atas dasar tersebut, Banyuwangi dinilai layak untuk diajukan menjadi Geopark Nasional.

"Saat ini, kami dari Tim Geopark Banyuwangi telah membuat rencana kegiatan hingga satu bulan kedepan. Fokus kegiatan adalah penyusunan dossier Geopark Nasional," ungkapnya.
Sebagaimana diketahui, di Indonesia saat ini hanya ada 2 Taman Geopark yang telah masuk sebagai warisan UNESCO, yakni; Geopark Gunung Batur (Bali) dan Geopark Gunung Sewu (Daerah Istimewa Yogyakarta). bud

Berita Populer