Banyuwangi Gelar Pameran Seni Sepekan di Tengah Pandemi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 16 Nov 2020 10:14 WIB

Banyuwangi Gelar Pameran Seni Sepekan di Tengah Pandemi

i

Salah satu pameran seni lukis di Banyuwangi. SP/ DECOM

SURABAYAPAGI.com, Banyuwangi – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi akan menggelar pameran seni lukis, fotografi, dan patung selama satu pekan di Pelinggihan, 14-21 November 2020. Pameran ini menghadirkan puluhan karya perupa Banyuwangi dan digelar dengan tetap menerapkan standart protokol kesehatan, Senin (16/11/2020).

 Ketua panitia, Dyah Lisiana, mengatakan pameran tahun ini bertajuk Sewu Gandrung, yang bermakna rasa syukur kepada Tuhan.

Baca Juga: Pelabuhan di Banyuwangi Ramai Dipadati Pemudik

"Sewu Gandrung juga berarti bentuk harmonisasi antara pemerintah, seniman, budayawan pelaku pariwisata, dan masyarakat serta para pemerhati seni. Pameran ini wujud apresiasi bagi seniman yang terus berkarya meski di masa pandemi Covid-19," kata Dyah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Muhammad Yanuarto Bramuda, mengatakan hadirnya pelaku seni rupa ini membawa kebaikan bagi Banyuwangi. Menurut Bramuda selama ini seni lukis, fotografi, dan seni patung menjadi bagian penting bagi perkembangan pariwisata Banyuwangi.

Baca Juga: Kampung Nelayan Modern akan Dibangun di Banyuwangi

"Karya seni telah memperkaya pariwisata Banyuwangi. karena itu kami memberi ruang agar karya-karya kreatif para perupa bisa terus tumbuh," kata Bramuda.

Pameran tersebut juga melibatkan 65 seniman dan 22 fotografer. Beberapa seniman Banyuwangi seperti S. Yadi K, Elyeser, Hariyanto Koi, Diah L.S, N.Kojin, Windu, Pamor, Handoko, Slamet Sugiono, Yanto Kamela, Sugeng Waluyo, KRT Ilham Triadinagoro, Reni Agustin, dan lainnya turut andil dalam pameran kali ini.

Baca Juga: Pemkab Banyuwangi Konsisten Gelar Festival Patrol

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengapresisi acara ini karena pameran ini bisa juga menjadi inspirasi bagi masyarakat dalam menyikapi pandemi Covid-19. Di tengah pandemi para seniman Banyuwangi bisa terus berkarya untuk mewujudkan karya-karya nyata. Anas mengatakan hadirnya pelaku seni ini membawa kebaikan bagi daerah.

"Kita semua tidak lagi melihat sekat antara satu dengan yang lain, tidak ada lagi perbedaan antara pemerintah dan non-pemerintah, kita semua dapat bersikap bijak dan berbuat bajik dengan saling menguatkan dan saling mendukung upaya bersama melawan Covid-19," kata Anas. Dsy7

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU