•   Minggu, 17 November 2019
Bisnis Makro

Bappenas Ajak Prancis Investasi di Indonesia

( words)
Menteri PPPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro (kedua kiri) berbincang dengan Senior Vice President Director of the International Department Engie Group Arnaud Erbin (ketiga kanan). Engie, perusahaan energi Prancis, berencana mengembangkan pembangkit berbasis renewable energy di Indonesia dengan komitmen investasi US2 miliar pada 2024 dan US 4 miliar pada 2030.


SURABAYAPAGI, Surabaya – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengajak pengusaha Prancis berinvestasi melalui gelaran Indonesia Infrastructure Investment Forum (IIIF) 2019 di Paris.

“Saya yakin investor Prancis juga memiliki peluang yang besar untuk meningkatkan skala investasi di Indonesia," ujar Bambang, Senin (8/7).

Realisasi investasi dari perusahaan Prancis pada Januari - Desember 2018 sekitar US$50 juta. Prancis menduduki peringkat ke-28 berinvestasi di Indonesia. "Saya berharap kerja sama lebih intensif selama forum ini dapat meningkatkan angka investasi tersebut secara signifikan,” jelas Bambang.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 memberikan peluang yang sangat besar bagi para investor asing untuk masuk dan berpartisipasi membangun infrastruktur berkelanjutan di Indonesia.

Konektivitas menjadi tema utama dari pembangunan infrastruktur di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, termasuk pembangunan jalan dan kereta serta peningkatan fasilitas pelabuhan dan bandara.

Bambang yakin strategi konektivitas akan meningkatkan efektivitas infrastruktur. Selain itu, secara paralel meningkatkan potensi kawasan industri yang terhubung.

Dia menegaskan, infrastruktur adalah kunci untuk mengatasi tantangan logistik dan meningkatkan mobilitas masyarakat serta distribusi barang dan jasa.

"Semua pembangunan infrastruktur konektivitas ini diharapkan dapat signifikan mengurangi biaya logistik hingga 20 persen,” jelasnya.

Bambang menyatakan pemerintah pun memberikan insentif guna meningkatkan iklim investasi di Indonesia, misalnya memberikan tax holiday atau pembebasan pajak 20 tahun. Aturan ini diberikan untuk proyek-proyek yang dianggap sebagai proyek strategis bagi perekonomian Indonesia. sby

Berita Populer