Bareng Astra, Unej Siap Kembangkan Potensi di Enam Desa Bondowoso

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 06 Agu 2020 14:48 WIB

Bareng Astra, Unej Siap Kembangkan Potensi di Enam Desa Bondowoso

i

Tampak depan kantor kecamatan Sumberwringin, Bondowoso. SP/WKP

SURABAYA PAGI, Jember – Dibawah pembinaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Jember, potensi Enam desa di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur akan dikembangkan secara berkala.

Pengembangan ini dilakukan, karena keenam desa yakni, Desa Sumberwringin, Sukorejo, Sukosari Kidul, Rejoagung, Sumbergading, dan Tegaljati memiliki berbagai potensi diantaranya, potensi kopi, batik dan agrowisata.

Baca Juga: Gudang Tembakau PTPN X Kebun Ajung Jember Hangus Terbakar saat Sahur

“Di sana kami akan fokus pada pengembangan potensi lokal. Sementara ini rencananya masih pengembangan potensi kopi, batik dan agrowisata,” kata Koordinator Pusat Pemberdayaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Jember, Hermanto Rohman, sebagaimana dilansir Humas dan Protokol Unej, Kamis (6/8/2020).

Menurut Hermanto, pengembangan ekonomi masyarakat yang dilakukan Universitas Jember di Bondowoso sebenarnya sudah sejak lama. “Bahkan beberapa desa binaan Universitas Jember di Bondowoso telah memiliki badan usaha milik sesa (BUMDes) yang berjalan dengan baik,” katanya.

Baca Juga: Pantai Cemara Jember Diterjang Banjir Rob

“Hanya saja dengan beberapa mitra dan program yang berbeda. Jadi sebetulnya ini melanjutkan dari apa yang telah kami lakukan sebelumnya. Bahkan beberapa kepala desa yang lain justru berharap mendapatkan pembinaan dari kami,” tambah Hermanto.

Dalam pengembangan ini, Unej juga mendapat dukungan dari Astra International melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Rektor Universitas Jember Iwan Taruna dengan Deputy Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah yang dilakukan secara terpisah, Rabu (29/7/2020) lalu.

Baca Juga: Ketersediaan Beras di Bondowoso Aman hingga Lebaran

Riza Deliansyah mengatakan, pihaknya setiap tahun memilih desa-desa yang telah diusulkan untuk mendapatkan pembinaan program-program pemberdayaan dan pendampingan ekonomi. Astra terfokus pada pengembangan kewirausahaan.

“Desa yang terpilih akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan, penguatan kelembagaan, dan bantuan prasarana. Setelah mereka mendapatkan pelatihan dan kelembagaannya sudah terbentuk kami juga memberikan bantuan modal,” kata Riza.

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU