Basmi COVID-19, KPNP Sidoarjo Tuntaskan Penyemprotan Disinfektan 350 Desa

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Kaukus Partai Non Parlemen (KPNP) Kabupaten Sidoarjo yang terdiri dari enam partai peserta Pemilu 2019 peduli mencegah penyebaran virus Corona dengan melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga di wilayah Sidoarjo. Selama enam hari pelaksanaan akhirnya menuntaskan penyemprotan 350 desa di Sidoarjo dengan disinfektan untuk basmi virus Corona atau COVID-19.
Selain melakukan penyemprotan untuk membasmi virus corona, gabungan enam partai pendukung Cabup Sidoarjo 2020 H. Kelana Aprilianto ini juga mensosialisasikan di rumah saja dan tidak keluar, terkecuali urusan yang sangat penting.
Ketua KPNP Sidoarjo Indra Dedy Hastio K, SE mengatakan program ini dilakukan atas inisiatif KPNP, permintaan warga dan juga kepedulian H Kelana Aprilianto, dalam mencegah merebaknya Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo. KPNP Sidoarjo ini terdiri dari partai peserta Pemilu 2019 yang belum berhasil memperoleh kursi di DPRD Kab. Sidoarjo. Enam partai itu, Partai Hanura, Partai Perindo, Partai Garuda, Partai Berkarya, PKPI dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang dalam pemilu 2019 keseluruhan meraih 90 ribu suara dari rakyat Sidoarjo.
Perkembangan Covid-19 di Sidoarjo sudah sangat memprihatinkan. Bahkan Sidoarjo kategori zona merah. Orang dalam pemantaua (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) dan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 setiap hari semakin bertambah.
“Jumlah ODP, PDP dan yang positif Covid-19, setiap hari semakin bertambah, saat ini jumlah yang positif mencapai 14, 72 PDP, 233 ODP, meninggal 2 orang dan yang sembuh nol,” katanya Indra Dedy saat penutupan penyemprotan di Desa Keboananom Kec Gedangan, Sabtu (4/4/2020).
Indra Dedy menambahkan, sudah saatnya KPNP dengan warga di seluruh dapil di Sidoarjo, bersama-sama mencegah virus ini agar tidak semakin menyebar. Terlebih program ini mendapat dukungan penuh dari Cabup Sidoarjo 2029 H. Kelana Aprilianto.
“Kita manfaatkan kepedulian H. Kelana atas kondisi merebaknya Covid-19 di Sidoarjo ini. Mari bersama-sama mencegah menyebarnya virus corona yang terjadi saat ini, ” papar mantan Caleg Partai Haruna Dapil Sidoarjo 5 (Sukodono-Taman) tersebut.
Menurut Indra, penyemprotan sudah dilakukan untuk semua 6 dapil yang ada di Sidoarjo secara bersama-sama selurug anggota KPNP. Waktu penyemprotan setiap dapil akan dilakukan oleh 18 petugas dan tambahan penyemprotan pribadi yang dilakukan warga secara suka rela. “Setelah ini selesai, penyemrotan terus dilanjutkan oleh semua partai anggota KPNP masing-masing ke seluruh konstituennya,” jelasnya.
Ketua DPD Perindo Sidoarjo Rizal, mengapresiasi dan mendukung program ini. Sebagai kader partai, pihaknya langsung merespon untuk mendata rumah warga yang menginginkan adanya penyemprotan disinfektan di dalam rumah-rumah. "Warga sangat antusias dengan penyemprotan ini," ujarnya.
Selama ini yang sudah dilakukan penyemprotan masih mencakup fasilitas umum, tempat ibadah dan lingkungan atau di jalan kampung. “Untuk penyemprotan ke rumah warga belum ada, makanya kita lakukan ini agar warga Sidoarjo bebas dari virus Corona,” tandasnya.
Rumah yang disemprot, penghuninya juga diminta mengosongkan rumah dalam waktu 30 menit. “Sasaran yang disemprot seperti bagian pintu, pagar dan barang yang sekiranya sering di pegang oleh tangan penghuni rumah,” tambah Mulyono dari DPC Partai Berkarya Sidoarjo. sg