•   Sabtu, 14 Desember 2019
Kuliner

Berani Coba Jajanan Dideh?

( words)
Dideh yang disajikan sebagai jajanan. FOTO : SP/Habibi


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Dideh merupakan salah satu jajanan yang dikenal unik, bahkan ada yang menyebut ekstrim karena berbahan dasar darah binatang yang disembelih kemudian di bekukan.

Jajanan yang diolah dengan cara pengukusan ini telah tersebar di berbagai daerah salah satunya adalah Surabaya.

Jika anda berada di Surabaya, cobalah mampir di kawasan Banyu Urip, Sawahan. Meskipun dideh kebanyakan dititipkan di warung oleh para penjual dengan cara bagi hasil, namun dikawasan ini kalian dapat menemukan jajanan tersebut diwarung-warung kopi.

Jajanan ini terbilang cukup diminati di musim hujan. Anton, salah satu pemilik warung yang menjual jajanan dideh mengaku bahwa jajanan yang rasanya agak aneh ini cukup di minati para pelanggan di warungnya. "Saya biasanya mendapat kiriman (dideh) di pagi hari, sore sudah habis", katanya.

Ia pun menjelaskan bahwa kebanyakan para pelanggannya yang menyantap dideh karena penasaran dengan rasanya, bahkan ada juga yang menjadikan dideh sebagai tambahan lauk. "Kadang di buat lauk untuk makan, kadang ada yang bertanya ini apa, saya jawab dideh kemudian langsung dicoba", ujarnya.

Di warung yang dikelola Anton, anda dapat mencicipi dideh dengan harga yang sangat murah, yakni 1000 rupiah saja. Jika anda belum pernah mencoba jajanan ini, silahkan coba datangi warung-warung kopi sekitar Banyu Urip Surabaya di pagi hari untuk memastikan jajanan tersebut masih ada, karena siang sedikit saja dideh terkadang sudah ludes terjual. Hb

Berita Populer