Beri Solusi, Armuji Imbau Warga Segara Pasang PDAM

SURABAYAPAGU.com - Warga juga mengeluhkan tingginya biaya pemasangan saluran air PDAM. Hal tersebut membuat banyak rumah warga yang belum teraliri air bersih karena kendala biaya.
Humas PDAM Surya Sembada Bambang Eko Sakti menjelaskan, hal tersebut difasilitasi oleh PDAM dengan pemberian diskon khusus yang bisa dinikmati warga hingga akhir Mei nanti. Menurutnya, seluruh area di Surabaya sudah teraliri air bersih sebanyak 99 persen. Hanya 1 persen daerah yang berlum mendapat aliran air bersih tersebut. Daerah tersebut berada di area Surabaya Barat seperti Benowo dan Pakal. Untuk memenuhi 1 persen yang kurang tersebut, maka PDAM membuat program baru.
”Selama April dan Mei, PDAM memberikan program diskon pasang baru sambungan rumah dari Rp 1,75 juta kini turun drastis harganya. Yakni, rumah dengan daya listri 450 watt biaya pasang baru Rp 200 ribu, untuk 900 watt biayanya Rp 300 ribu, dan yang 1300 watt kini hanya Rp 600 ribu,” ujarnya.
Bagi ruko, kos, dan persil usaha akan dikenakan tambahan biaya sarana investasi. Selain itu, demi memudahkan warga, pemasangan pipa jaringan tersier juga digratiskan bagi seluruh segmen kecuali real estate. Lalu, pemasangan penggratisan juga berlaku untuk pemasnagan master meter bagi warga dengan status tanah belum memenuhi legalitas.
Maka dari itu Armuji mengimbau seluruh warga untuk memanfaatkan program tersebut. Menurutnya, pemotongan tarif tersebut cukup banyak dan harus segera dimanfaatkan karena tak berlangsung lama. ”Tak usah khawatir lagi membayar biaya tinggi, manfaatkan program dengan baik dengan memasang sambungan baru sekarang juga. Nah, untuk air yang dikhawatirkan keruh saat musim tertentu, PDAM juga sudah memiliki upaya menanganinya. Keluhan warga dijawab PDAM dengan program inovatif milik mereka,” pungkas Cak Ji. (Adv/Alq)