•   Jumat, 21 Februari 2020
Ekonomi China

Berkat 5G Sektor Budaya Digital China Berkembang Pesat

( words)
Tarian Naga asal China SP/Tnghoa


SURABAYAPAGI.com - Sektor budaya China telah berkembang dengan mantap dalam beberapa tahun terakhir, menurut data dari Biro Statistik Nasional, total pendapatan di sektor itu mencapai 4,06 triliun yuan atau sekitar 588 miliar dolar AS pada paruh pertama tahun ini, naik 7,9 persen YoY.

Menurut Laporan Tren Industri Budaya Digital yang dirilis pada akhir pekan oleh Pusat Penelitian Pengembangan Dewan Negara, Akademi Ilmu Sosial Tiongkok (CASS), dan Penelitian Tencent., sektor budaya digital China juga akan diperkirakan berkspans secara kuat ketika teknologi generasi baru menjadi alat yang tercepat untuk menciptakan dan mempromosikan produk dan layanan budaya.

Laporan tersebut juga mengatakan bahwa, penggunaan komersial jaringan nirkabel 5G dan aplikasi data besar, serta kecerdasan buatan, blockchain, dan teknologi canggih lainnya diharapkan akan membawa perubahan signifikan pada sektor budaya digital.

Di antara sektor ini, periklanan Internet, hiburan berbasis Internet, publikasi digital, perangkat yang dapat dipakai dan produk virtual reality atau VR telah mencatat ekspansi pendapatan H1 yang kuat di atas 20 persen.

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa sementara itu, Internet konsumen berbasis konten tetap menjadi fokus penyedia budaya digital dan banyak pemain pasar memperluas ke industri lain seperti pariwisata dan olahraga. Hal ini dibuktikan dengan pertumbuhan cepat pariwisata cerdas dan e-sports.

"Integrasi dengan industri lain akan menawarkan pertumbuhan penting untuk sektor budaya digital. Pasar mungkin bernilai lebih dari 80 triliun yuan," kata Wakil Presiden Tencent, Cheng Wu.

Sementara itu, untuk mengkonsolidasikan pangsa pasar domestik, para pemain industri terkemuka termasuk Tencent, Baidu dan ByteDance melakukan ekspansi di luar negeri yang lebih besar melalui investasi dengan mitra asing serta mengekspor produk dalam negeri dan produksi bersama dengan mitra global.

Awal tahun ini, film terlaris kedua di Tiongkok sepanjang masa adalah "The Wandering Earth," blockbuster sci-fi yang didukung oleh Tencent Pictures dan juga menjadi salah satu film Cina paling populer di luar negeri.

“Ini adalah proses alami bagi produk budaya Tiongkok untuk mengglobal, tetapi juga akan menjadi perjalanan yang panjang, dan perspektif global dan cara bercerita diperlukan untuk melibatkan pelanggan di luar negeri." kata Zhang Xiaoming, seorang peneliti budaya senior dengan CASS.

Berita Populer