Berkerumun, Pelamar Kerja di Jombang Abaikan Protokol Kesehatan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 27 Jul 2020 16:46 WIB

Berkerumun, Pelamar Kerja di Jombang Abaikan Protokol Kesehatan

i

Satpol PP Jombang saat mengatur kerumunan para pelamar kerja di salah satu kafe di Jalan KH A. Dahlan, Jonbang. (SP/M. Yusuf)

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Puluhan orang berkerumun didepan sebuah kafe yang terletak di Jalan Kiai Haji Ahmad Dahlan, Kecamatan Jombatan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Mereka yang sebagian besar masih berusia muda, ternyata sedang menunggu antrian untuk melakukan tes pekerjaan. Tampak mereka berdiri bergerombol didepan kafe sambil membawa amplop coklat berisi lamaran pekerjaan.

Baca Juga: Sejumlah Proyek di Mancilan Jombang Diduga Mangkrak dan Dikerjakan Setengah-setengah

Bahkan ada pula yang menunggu di seberang jalan dan di sebelah kanan kiri dari kafe itu. Di tengah pandrmi Covid-19 saat ini, para pelamar pekerjaan mengabaikan protokol kesehatan, yakni physical distancing.

Seperti yang dikatakan oleh Muhammad Abizahrin Alsaroh (19), salah satu pelamar pekerjaan warga Kecamatan Bandar Kedungmulyo. Ia datang pada pukul 12.00 WIB.

"Kerumunan ini sudah terlihat saat saya datamg pukul 12.00 WIB. Saya juga khawatir kalau berkerumun seperti itu. Tapi ya gimana lagi, saya juga butuh kerja," katanya, kepada jurnalis di lokasi, Senin (27/7/2020).

Sementara, pengelola usaha, Faris Julinar mengungkapkan, pada proses seleksi lamaran pekerjaan di usahanya itu terjadi kerumunan orang. Pihaknya tidak bisa mengatasi adanya ledakan pelamar kerja tersebut.

"Saya tidak menyangka antusias pelamar bisa sebanyak ini. Saya dan tim tadi sudah ingatkan soal protokol kesehatan. Tapi antusias pelamar kerja ini kurang bisa kita atasi," ungkapnya.

Baca Juga: Dugaan Penyelewengan Anggaran Mamin Satpol PP Jombang, Aktivis Desak Copot Oknum ASN

Menurut penjelasan Faris, yang melamar kerja di tempatnya sekitar 75 orang. Mereka bergantian untuk melakukan interview.

"Karena lokasi kecil, antrian pelamar berdesakan di emperan kafe. Selanjutnya kita akan jaga dengan maksimal sesuai protokol kesehatan," tukasnya.

Adanya kerumunan para pelamar pekerjaan itu, petugas Satpol PP Jombang datang ke lokasi. Di lokasi, petugas mengingatkan para pelamar. "Ayo taati protokol kesehatan, jaraknya diatur. Kalau tidak, akan kita stop," teriak salah satu petugas Satpol PP.

Terpisah, Kasatpol PP Kabupaten Jombang, Agus Susilo Sugioto membenarkan adanya kerumunan dalam seleksi pekerjaan yang mengabaikan physical distancing.

Baca Juga:  Pj Bupati Jombang Diminta Tak Tebang Pilih, Terkait Dugaan Korupsi Anggaran Mamin Satpol PP

"Tadi ada laporan warga, dan langsung kita tindaklanjuti. Kita meminta pada pihak penyelenggara untuk menertibkan antrian," ujarnya, saat dikonfirmasi.

Agus menegaskan, apabila besok masih terjadi kerumunan, maka pihaknya tak segan.akan membubarkan kegiatan itu.

"Tadi sementara kita beri peringatan. Namun bila besok masih seperti itu, maka akan kita bubarkan," pungkasnya.(suf)

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU