Bertempat di Eks Terminal Ngoro, Bupati Jombang Kunjungi Sentra Agribisnis

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 24 Jul 2020 18:25 WIB

Bertempat di Eks Terminal Ngoro, Bupati Jombang Kunjungi Sentra Agribisnis

i

Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab kunjungi Sentra Terminal Agribisnis Kecamatan Ngoro, Jombang.SP/M. Yusuf

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Sentra terminal agribisnis yang berlokasi di Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, dikunjungi oleh Bupati Jombang bersama beberapa kepala OPD.

Sentra terminal agribisnis tersebut merupakan bentukan dari Asosiasi Komunitas Petani Kecamatan Ngoro yang berlokasi di bekas terminal Ngoro.

Baca Juga: Bencana Tanah Gerak di Jombang, Pemkab Siapkan Lahan untuk Relokasi

Asosiasi Komunitas Petani Kecamatan Ngoro, Budi Astuti mengatakan, bahwa sentra agribisnis ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan petani di Kecamatan Ngoro dan sekitarnya.

"Selama ini para petani holtikultura dalam menjual hasil sayurnya ke tengkulak dengan cara dihutang terlebih dahulu. Sehingga hal ini sangat merugikan petani," katanya, Jumat (24/7/2020).

Dengan adanya Sentra Terminal Agribisnis ini, jelas Budi, para petani bisa langsung mendapatkan uang secara tunai. Sehingga petani menjadi untung dan bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari.

"Pembeli akan membayar dengan uang cash, sehingga terhindar dari kerugian. Dan harga jual yang diperoleh petani sesuai dengan harga pasar. Selama ini harga yang ditetapkan oleh tengkulak dibawah harga pasar," jelasnya.

Baca Juga: Jelang Ramadhan, Pemkab Jombang Gelar Grebek Apem

Sementara itu, Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab di yang dampingi Asisten 3, mengapresiasi dengan keberadaan Sentra Terminal Agribisnis di Kecamatan Ngoro.

"Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi. Ini sangat bagus untuk meningkatkan taraf ekonomi para petani di wilayah Kecamatan Ngoro," ujarnya.

Mundjidah berharap, nantinya sentra terminal agribisnis ini bukan hanya melayani petani asal Ngoro saja, namun juga membeli hasil pertanian dari petani di seluruh Kabupaten Jombang.

Baca Juga: Meriah, Kirab Adipura di Jombang Disambut Antusias Masyarakat

"Harapan saya, keberadaan sentra terminal agribisnis nantinya bisa berkembang semakin besar. Dan hasil pertanian dari kecamatan lain juga bisa dijual disini. Selain itu nanti empon-empon pun juga dapat diperjualbelikan disini." pungkasnya.

Perlu diketahui, kurang lebih sekitar dua minggu ini transaksi perdagangan sayur mayur di bekas terminal Ngoro audah berjalan.

Bahkan, distribusi sayur ke daerah lain sudah dilakukan oleh Asosiasi Komunitas Petani Kecamatan Ngoro. Seperti Mojokerto, Sidoarjo dan Surabaya.(suf)

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU