BI Resmikan Kantor Perwakilan di Beijing

SURABAYAPAGI.com - Bank Indonesia (BI) kembali membuka kantor perwakilan di Beijing, China, pada awal pekan ini.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan pihaknya akan terus memperkuat peran kantor perwakilan di luar negeri untuk ikut mendorong pertumbuhan ekonomi.
“Penguatan peran kantor perwakilan luar negeri merupakan bagian dari reformasi organisasi dan sumber daya manusia yang ditempuh BI,” ujar Perry usai pembukaan Kantor Perwakilan BI Beijing, Senin (25/2/2019).
Lebih lanjut Perry mengatakan bahwa reformasi organisasi terkait Kantor Perwakilan BI didasarkan pada pentingnya peran Kantor perwakilan BI, khususnya di luar negeri untuk berkontribusi secara luas terhadap perekonomian.
“Tidak hanya bagi Indonesia tetapi juga bagi negara mitra, seperti China,” tambahnya.
Dia mengatakan Negeri Panda merupakan salah satu mitra kerja sama ekonomi terbesar Indonesia baik dalam bidang perdagangan, investasi, pariwisata, dan bidang lainnya.
Untuk itu, kehadiran Kantor Perwakilan BI Beijing diharapkan semakin memperkuat hubungan ekonomi dan keuangan kedua negara.
Selain itu, pembukaan kantor perwakilan di Beijing juga diharapkan dapat memberikan pemahaman dalam upaya pengembangan ekonomi dan keuangan maupun kebijakan yang ditempuh China, khususnya yang berdampak bagi Indonesia.
Dengan diresmikannya Kantor Perwakilan di Beijing, BI kini telah memiliki lima Kantor Perwakilan di luar negeri, yakni Kantor Perwakilan BI New York, London, Singapura, Tokyo, dan Beijing.
Adapun, masing-masing Kantor Perwakilan memiliki cakupan kewenangan tugas sesuai wilayah kerja.