•   Selasa, 21 Januari 2020
Peristiwa Nusantara

Bibi Lalu Zohri Ditemukan Tak Bernyawa

( words)


SURABAYAPAGI.com, NTB - Bibi atlet juara dunia lari 100 meter U20 Lalu Mohamad Zohri, Salamah (50) menjadi salah satu korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Salamah ditemukan tewas setelah tertimpa puing bangunan Masjid Jamiul Jamaah di Desa Karang Pangsor, Pemenang, Lombok Utara tempat tinggalnya. Dia ditemukan setelah dialakukan proses evakuasi dari petugas gabungan TNI, Polri, dan Basarnas hingga pukul 12.00 WITA
"Bibi-nya waktu gempa terjadi itu masih pengajian di masjid, tapi ikut lari keluar seketika masjid rubuh semua," kata Husni, suami dari bibi Zohri di Lombok Utara, Selasa Baik Fatimah merupakan nama lengkap bibi Zohri, istri Husni. Baik Fatimah merupakan kakak dari almarhum ayah Zohri.

Menurut Husni, korban dikenali dari ciri-ciri mukenah yang dikenakannya saat sedang melaksanakan sholat Isya.
“Waktu itu istri saya di masjid, masuk 4 rakaat tiba-tiba dibatalin, istri saya lari. Namanya Ibu Salamah istri dari Alm. Lalu Muhammad saudara dari bapak Zohri. Bibinya ini tempat mengadu, dinggap sebagai ibu Zohri,” ujar Husni.
Setelah dievakuasi, jenazah Salamah kemudian dibawa ke RS Lombok Utara menggunakan ambulans. Hingga saat ini, petugas gabungan masih melakukan pencarian lanjutan. Diduga di lokasi tersebut masih ada korban yang terjebak.
Diketahui, banyak masyarakat sekitar yang ke masjid waktu gempa terjadi dan menjadi korban.

Berdasarkan pengamatan, masjid tersebut bernama Jamiul Jamaah dan sudah rata dengan tanah. Bahkan, kubah masjid sudah berada di bawah, seakan tidak memiliki dinding bangunan.

Terlihat petugas Basarnas dan aparat membantu proses evakuasi. Warga sekitar menyebutkan anak-anak banyak yang menjadi korban.

Bahkan hingga berita ini diturunkan masih banyak warga yang belum ditemukan. Tebalnya runtuhan bangunan menjadi penghalang dan menyulitkan mereka menemukan lokasi tepat untuk menjangkau korban yang belum ditemukan.

Rumah Zohri masih berdiri tegak dan tidak mengalami kerusakan, sebab masih dalam proses renovasi.

Namun, rumah tetangga di sekitar rumah Zohri mengalami kerusakan cukup parah. Bahkan, atapnya roboh hingga menyentuh tanah.
Sebelumnya, sebanyak 105 orang meninggal dunia dan ribuan orang mengungsiakibat gempa bumi berkekuatan 7 SR yang mengguncang NTB, Minggu (5/8) pukul 18.46 WIB.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Nugroho dalam pesannya di Jakarta, Senin dini hari, pukul 02.30 WIB menyebut, selain korban yang banyak, ratusan orang luka-luka dan ribuan rumah rusak.

Sebagian besar korban meninggal akibat tertimpa bangunan yang roboh.Ribuan warga mengungsi ke tempat yang aman.

Daerah yang terparah akibat gempa itu adalah Kabupaten Lombok Utara, Lombok Timur, dan Kota Mataram.

Berita Populer