BKKBN Jatim Pertahankan Predikat Zona Intregitas Wilayah Bebas Korupsi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 17 Nov 2020 18:55 WIB

BKKBN Jatim Pertahankan Predikat Zona Intregitas Wilayah Bebas Korupsi

i

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Sukaryo Teguh Santoso menyampaikan hasil predikat Zona Intregitas Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK) di Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Surabaya, Selasa (17/11).SP/Patrik Cahyo

SURABAYAPAGI, Surabaya - Perwakilan BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) Provinsi Jawa Timur mendapatkan predikat ZI-WBK sebagai wujud komitmen jajaran pimpinan dan segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur turut berbahagia. Hal ini BKKBN Jatim meraih penghargaan ZI –WBK yang turut dihadiri oleh im Penilai Nasional ZI-WBK/WBBM Kementerian Pendayagunaan Aparatur  Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Predikat ZI - WBK (Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi) yang telah kami terima menyemangati kami untuk terus mempertahankan integritas dan akuntabilitas, berkinerja lebih efektif dan efesien, serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, ungkap Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd saat memberikan sambutan Penilaian Nasional ZI WBK.

Baca Juga: BKKBN Jatim Ajak Insan Pers dan Mahasiswa Unitomo Perangi Stunting

Berdasarkan PermenPANRB No 60 Th. 2012 tentang Pedoman Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM di Lingkungan K/L dan Pemerintah Daerah, Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) adalah Sebutan atau predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang mempunyai syarat indikator hasil WBBM dan memperoleh hasil penilaian indikator proses di atas 75 pada ZI yang telah memperoleh opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari BPK atas laporan keuangannya.

BKKBN_Pertahankan_Predikat_ZI_WBK_Patrik_(7)BKKBN_Pertahankan_Predikat_ZI_WBK_Patrik_(7)

Tahun ini (th 2020) merupakan tahun yang cukup berat bagi kami untuk mengelola program Bangga Kencana di Jawa Timur. Karena sejak Februari sampai dengan saat ini masih dihadapkan pada Pandemi Covid-19,”ungkapnya.

Meskipun demikian, kami tidak patah semangat. Selain kita harus mempertahankan prestasi yang telah kami raih, Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur terus bahu-membahu bersama mitra kerja terus melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan kualitas pelayan kepada masyarakat Jawa Timur.

Berbagai program terobosan/inovasi yang kami lakukan dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan Bangga Kencana kepada masyarakat Jawa Timur, antara lain: bidang pelayanan KSPK melalui website www.siapbahagia.com, bidang pelayanan KB-KR, bidang pelayanan penduk, bidang pelayanan ADPIN, bidang pelayanan pelatihan dan pengembangan, dan bidang pelayanan kesekertaritan/dukungan manajemen.

Baca Juga: Diselenggarakan dengan Meriah BKKBN Jatim Luncurkan Program 1 Juta Telur

“Tanpa mengecilkan inovasi lainnya, siapbahagia.com dan Wisata KB merupakan inovasi yang kami andalkan. Karena langsung dirasakan manfaatnya bagi masyarakat khususnya di era New Normal”, tegas Teguh.

BKKBN_Pertahankan_Predikat_ZI_WBK_Patrik_(8)BKKBN_Pertahankan_Predikat_ZI_WBK_Patrik_(8)

Dari terobosoan yang kami lakukan tersebut, telah menunjukkan hasil yang signifikan, antara lain: Berdasarkan data SR bulan September 2020, CPR T 65,24 R 75,74, CPR MKJP T 24,79% R 28,69 %, bahkan selama momentum WCD agustus-september, realisasi capain target MKJP sebesar 120%, DO KB T 26,82% R11,98%, Jumlah Keluarga yang menjangkau pelayanan informasi dan Konseling melalui layanan siapbahagia.com sebanyak 6.824 keluarga.

Kepuasan terhadap pelayanan Kantor Perwakilan BKKBN Jawa Timur, selama pandemi 95% menyatakan bahwa Pelayanan yang diberikan Perwakilan BKKBN Jatim 95% Istimewa.

Baca Juga: Gelar Evaluasi dan Pembinaan Kader BKR, Bupati Mojokerto Minta Orang Tua Dapat Dampingi Remaja Sesuai Zaman

Semangat kami adalah mempertahankan apa yang telah Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur peroleh yaitu ZI-WBK, seraya terus berupaya keras untuk mencapai yang lebih baik yaitu ZI-WBBM. Selain itu mewakil Mitra Kerja, yaitu: Pengelola RSUD Sogaten-Madiun, Media, Koalisi Kependudukan dan IBI.

Usai acara pemaparan, tim penilai analisa WBK/WBBM dari Menpan-RB analis kebijakan tingkat pertama terdiri dari Eddy Christian Mahardika dan Anisa memaparkan langsung ke beberapa staf BKKBN Jatim dan dilanjutkan melihat langsung tempat Pusyangatra 1 (Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera 1) di area kantor BKKBN Jatim.

“Tahun lalu BKKBN Jawa Timur mendapat predikat WBK, dan tahun ini berusaha Meraih WBBM.  Beberapa waktu lalu telah dilakukan evaluasi secata zoom (telekonfrence). Dan sekarang dilapangan melihat langsung. Moga dari kerja keras mendapat hasil yang terbaik,” ujar Anisa. Pat

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU