•   Rabu, 20 November 2019
Perbankan

BNI dan Bank Mandiri Salurkan Kredit Mikro

( words)
Pelayanan nasabah kredit mikro Bank Mandiri.


SURABAYAPAGI, Jakarta - Prospek penyaluran kredit mikro masih sangat menjanjikan bagi perbankan. Sepanjang paruh pertama tahun, sejumlah bank berhasil mencatatkan pertumbuhan cukup menggembirakan di sektor ini.

Salah satunya ditorehkan PT Bank Negara Indonesia Tbk. Bank pelat merah menyalurkan kredit mikro lewat fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Per 30 Juni 2019, realisasi kredit mikro perseroan mencapai Rp 875 miliar dengan jumlah debitur 67rb orang.

General Manajer Divisi Bisnis Usaha Kecil 2 BNI Bambang Setyatmojo mengatakan, capaian tersebut meningkat 200 persen baik dari sisi nilai kredit maupun jumlah debitur dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Prospek kredit mikro masih bagus seiring dengan kondisi perekonomian pasca pemilu yang berjalan dengan lancar." katanya, Minggu (7/7).

BNI akan tetap terus di segmen mikro seiring dengan maraknya perkembangan fintech p2p lending. Strategi BNI justru melakukan sinergi kerja sama dengan fintech, untuk memperluas akses kepada calon debitur kredit mikro dan juga memanfaatkan big data dari mitra fintech maupun mitra korporasi.

PT Bank Mandiri Tbk mencatatkan pertumbuhan kredit mikro. Penyaluran kredit mikro produktif perseroan per Juni telah mencapai Rp 16,29 triliun atau tumbuh 19 persen dari periode yang sama 2018 yakni Rp 13,74 triliun.

Bank Mandiri melihat kredit mikro produktif masih akan sangat berkembang dalam tahun 2019 sejalan dengan kebijakan pemerintah lewat program KUR yang terus berkelanjutan.

"Tahun 2019, Bank Mandiri menetapkan target penyaluran untuk kredit mikro produktif sebesar Rp 39,03 triliun," ungkap SVP Micro Development & Agent Banking Bank Mandiri Zedo Faly. Jkt/ff

Berita Populer