•   Kamis, 17 Oktober 2019
Peristiwa Internasional

Bocor! Carrie Lam Tidak Jadi Lengser

( words)
Carrie Lam SP/Bbc


SURABAYAPAGI.com - RUU Ekstradiksi Hong Kong berhasil menguncang negara oposisi China itu hingga membuat ribuan orang murka dan menuntut pemimpin Hong Kong Carrie Lam lengser dari jabatannya.

Namun, yang terjadi Carrie Lam justru akan tetap mempertahankan jabatannya hal ini terungkap pasca rekaman suara Carrie Lam bocor ke public.

Rekaman itu sebelumnya berisikan mengenai wacana mundurnya Carrie Lam atas ricuhnya Hong Kong.

Pemimpin Hong Kong Carrie Lam mengatakan dia telah menyebabkan malapetaka yang tak termaafkan dengan memicu krisis politik yang melanda di wilayah tersebut. Bahkan, dia mengisyaratkan untuk berhenti dari jabatannya jika dia punya pilihan.

Dalam pertemuan tertutup dengan kelompok pengusaha, Lam mengatakan bahwa dia sekarang memiliki ruang sangat terbatas untuk menyelesaikan krisis akibat kerusuhan yang terjadi.

"Jika saya punya pilihan," katanya, berbicara dalam bahasa Inggris dalam sebuah rekaman di pertemuan tersebut. "hal pertama adalah berhenti, setelah membuat permintaan maaf yang mendalam."

Namun, isi rekaman itu segera ditepis oleh Carrie Lam dan mengecam perihal bocornya rekaman audio dalam pertemuan yang dihadirinya dan menegaskan tidak pernah meminta izin kepada pemerintah China untuk mengundurkan diri.

Dalam sebuah jumpa pers di Hong Kong, Selasa (3/9/2019) waktu setempat, Lam terdengar sangat kecewa dan mengecam kebocoran rekaman audio dari pertemuan itu, yang telah dilaporkan oleh Reuters, sebagai sesuatu yang "tidak dapat diterima".

Sebaliknya, Lam menegaskan komitmen untuk menghadapi aksi protes besar-besaran yang terjadi di kota itu dan hanya berusaha untuk menjelaskan bahwa akan menjadi "pilihan yang mudah" bagi siapa pun untuk menyerah dalam keadaan seperti itu.

"Saya tidak pernah mengajukan pengunduran diri kepada pemerintah rakyat pusat,” ujar Lam kepada awak media, seperti dilansir dari Bloomberg.

“Saya bahkan belum merenungkan untuk membahas pengunduran diri dengan pemerintah rakyat pusat. Pilihan untuk tidak mengundurkan diri adalah pilihan saya sendiri,” tegasnya.

Berita Populer