BRI dan BTN Turunkan Suku Bunga Kredit

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - OJK telah mengeluarkan regulasi untuk mengurangi dampak terhadap kinerja dan kapasitas debitur, yang diperkirakan akan menurun akibat wabah virus corona. Sedangkan BI telah menurunkan suku bunga acuan, BI 7 Days Reverse Repo Rate, sebesar 25 basis poin (bps) yang diharapkan bisa menjadi pendorong turunnya suku bunga perbankan.

Bank Rakyat Indonesia (BRI), telah menurunkan suku bunga dasar kreditnya hingga sebesar 50 bps sebagai bagian dari relaksasi yang diberikan untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di saat-saat sulit akibat pandemi.

Sementara itu spesialis kredit pemilikan rumah (KPR), Bank Tabungan Negara (BTN) mengaku penurunan suku bunga selalu dilakukan. "Turun suku bunga akan selalu jalan. Apply per masing-masing akun," kata Direktur Keuangan BTN Nixon L.P Napitupulu.

Nixon mengatakan bahwa dengan kondisi perekonomian yang sulit seperti saat ini imbas dari mewabahnya virus corona, kualitas kredit diperdiksi akan menurun dan NPL akan meningkat.