Buka INAPRO, Khofifah Dukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 19 Nov 2020 21:04 WIB

Buka INAPRO, Khofifah Dukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia

i

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa resmi membuka membuka pameran INAPRO EXPO 2020.SP/RKO

SURABAYAPAGI, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa resmi membuka membuka pameran INAPRO EXPO 2020 yang berlangsung selama 4 hari yaitu 19 - 22 November di Grand City Convex, Surabaya. Kegiatan ini digelar dalam rangka mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia dan pemulihan ekonomi nasional.

Khofifah menyambut baik pelaksanaan pameran ini untuk pemulihan ekonomi nasional dan mendukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia. Pameran ini merupakan ajang yang menarik untuk semakin meningkatkan edukasi kepada masyarakat mengenai produk lokal, mempercepat pemulihan ekonomi nasional khususnya Jatim. “Energi yang bisa membangun ekonomi untuk tumbuh dan bangkit terus dilakukan dengan berbagai penguatan dan sinergitas,” ujar Khofifah 

Baca Juga: Pilgub Jatim 2024, TKD Prabowo-Gibran Jadi Timses Khofifah

Terkait bangga buatan Indonesia, Khofifah menambahkan Presiden memberikan amanat kepada seluruh pemerintah pusat maupun daerah seluruh program yang nilai nya dibawah Rp 2,5 Miliar diwajibkan untuk menyerap produk usaha mikro. Diatas Rp 2,5 M Presiden memberikan mandat kepada tim Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (PBJP) pusat maupun daerah supaya menyerap produk usaha kecil dan menengah. 

Selain kegiatan pameran UMKM, Khofifah juga melakukan pelepasan ekspor Coffe Arabica Washed Grade 1 ke Jepang. Selain itu ekspor kerupuk udang oleh PT Sekar Laut Tbk ke Belanda yang ditandai dengan memecahkan kendil. 

Pameran yang diinisiasi oleh Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Jatim yang diikuti kurang lebih 133 stand yang terdiri dari Organisasi Peringkat Daerah (OPD) Pemprov Jatim dan Kabupaten – Kota seluruh Jatim, BUMN/BUMD, Asosiasi, Pelaku usaha , E – Commerce dan masih banyak lainnya. INAPRO Expo 2020 merupakan pameran produk lokal Hybrid terbesar yang mengangkat tema “Bangga Buatan Indoensia” yang dilakukan secara Online dan Offline.

INAPRO EXPO 2020 diadakan dengan tetap memperhatikan protokol covid-19. Segala kegiatan offline disiarkan langsung dari Grand City Surabaya dan bisa di akses melalui virtual expo yakni produklokal.com. Menampilkan berbagai produk unggulan kreasi dalam negeri, fashion show, line dance, webinar, KADIN Seminar Solution, dan masih banyak acara menarik lainnya. 

Baca Juga: Khofifah : Semua Elemen Harus Bekerja Keras

“INAPRO EXPO 2020 merupakan pameran edisi pertama Kadin Jawa Timur yang bertujuan untuk Mendukung konsep Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI), yang diresmikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo, Kegiatan pameran ini diharapkan dapat memberikan dampak sentimentpositif dalam rangka memperkuat potensi ekonomi domestic, Mendorong konsumsi masyarakat khususnya terhadap produk-produk lokal” ujar Ketua KADIN Jatim Adik Dwi Putranto 

Adik mengatakan KADIN Indonesia menilai ada harapan dan tanda-tanda pemulihan ekonomi. Menurutnya neraca perdagangan Indonesia pada Oktober 2020 surplus sebesar 3,61 milyar dollar perkembangan ini memberikan gambaran ada tanda-tanda pemulihan ekonomi semakin nyata dan merupakan momentum yangmemberikan harapan bagi Indonesia untuk meningkatkan kinerja ekspor baik nasional maupun di daerah nya dan kiranya INAPRO expo 2020 bisa menjadi wahana untuk peningkatan kinerja ekspor di Jatim. 

“Kami berharap bahwa pameran kali ini bukan sebagai puncak melainkan baru permulaan sebagai momentum lahirnya era baru pameran hybrid yg berkualitas dan menjadikan agenda tahunan yang ditunggu masyarakat,” jelasnya

Baca Juga: Demokrat Ajak Gerindra Usung Khofifah-Emil Satu Paket di Pilgub

Menteri Perdagangan Agus Supramanto hadir secara daring menyampaikan ditengah pandemi Covid-19 pihaknya menyiapkan strategi jangka pendek dan jangka panjang melalui pendekatan produk dan pasar untuk mendorong ekspor. rko

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU