•   Sabtu, 18 Januari 2020
Sportainment

Bukti Inggris Sudah ’Move On’ dari Piala Dunia

( words)
Timnas Inggris


SURABAYAPAGI.com - Sempat tertinggal lebih dulu, Timnas Inggris, akhirnya mampu memetik kemenangan saat menghadapi Kroasia dalam matchday 4 Liga A Grup 4 UEFA Nations League. Menjamu Kroasia di Wembley, London, armada Tiga Singa menang tipis 2-1, Senin dini hari WIB, 19 November 2018. Dalam partai ulangan semifinal Piala Dunia 2018 ini, Inggris sempat disengat oleh Kroasia lewat gol Andrej Kramaric di menit 57. Tetapi, pasukan Gareth Southgate berhasil membalikkan keadaan, dengan mencetak dua gol kemenangan lewat Jesse Lingard menit 78 dan Harry Kane menit 85.

Kemengan ini membalaskan dendam Inggris, yang sebelumnya disingkirkan Kroasia di babak semifinal Piala Dunia 2018, Juli lalu. Saat itu, Inggris yang sempat unggul cepat lewat tendangan bebas Kieran Trippier di menit kelimat, justru harus tersingkir setelah Kroasia mencetak dua gol lewat Ivan Perisic dan Mario Mandzukic.
Usai pertandingan, Southgate merasa sangat bangga dengan apa yang ditampilkan oleh anak asunhya. Southgate melihat kemajuan dalam timnya. Menurutnya, sempat kebobolan lebih dulu membuat anak asuhnya mendapatkan pelajaran, terutama untuk bermain sabar.
Setelah itu, mantan kapten Timnas Inggris ini juga melihat para pemainnya lebih bisa mendominasi penguasaan bola dalam laga ini. Hal itulah yang menurut Southgate, tak bisa dimainkan Inggris saat berhadapan dengan Kroasia di semifinal Piala Dunia 2018.
"Pertama dan terutama, saya sangat bangga. Saya pikir, kami mampu mendikte di permainan dan memiliki banyak peluang bagus di babak pertama. Kemudian, kami membiarkan gol itu (Kramaric) dan menjadi ujian yang nyata untuk bersabar," ujar Southgate dikutip BBC.
"Saya rasa, kami lebih bisa memegang kendali permainan di babak pertama, dibandingkan di semifinal (Piala Dunia 2018). Kami lebih memegang kendali dalam hal penguasaan bola," katanya.
Selain itu, Southgate juga sangat terkesima dengan dukungan para suporter yang hadir di Wembley, untuk menyaksikan lahga tersebut. Pelatih berusia 48 tahun ini merasa sudah sangat lama tak bermain di Wembley, dan mendapat dukungan penuh dari para suporter.
"Saya bangga, dengan apa yang telah kami lakukan sepanjang tahun. Sudah lama saya tidak mendengar (dukungan suporter) di Wembley seperti itu, dalam waktu yang lama," kata Southgate.

Berita Populer