Bus Terguling di Subang, Komponen Rem terbuat dari Karet

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 23 Jan 2020 10:16 WIB

Bus Terguling di Subang, Komponen Rem terbuat dari Karet

SURABAYAPAGI.COM, Subang -Dirlantas menyatakan penyebab bus pariwisata PO Purnamasari terguling di Subang, Jawa Barat, adalah karena sistem pengereman yang telah dimodifikasi. Berdasarkan temuan polisi, modifikasi pada sistem pengereman bus itu tidak sesuai standar pabrikan bus tersebut. Direktur Lalu Lintas Polda Jabar Kombes Eddy Djunaedi menyebut pengganti alat pengunci itu menggunakan karet ban dalam bekas. Sementara dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) dan barang bukti, kecepatan awal bus maut tersebut mencapai 80 Km/jam. Untuk mendalami temuan tersebut, Eddy menyatakan pihaknya akan memanggil mekanik yang memodifikasi fungsi rem bus.

Seperti diketahui, bus pariwisata PO Purnamasari mengalami kecelakaan tunggal dengan kondisi terguling pada Sabtu (18/1) sekitar pukul 17.15 WIB. Bus yang bergerak dari arah Bandung menuju Subang itu terguling di turunan jalan Palasari, Kampung Nagrok, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang.
Bus diketahui membawa 61 penumpang, 54 di antaranya orang dewasa, lima anak-anak serta satu kernet dan sopir. Akibat kecelakaan tersebut, sopir tewas bersama delapan penumpang lainnya. Sedangkan korban luka berat 10 orang dan 20 luka ringan.

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU