•   Senin, 18 November 2019
Kesehatan

Cara Bedakan Ikan Segar atau Berformalin

( words)


SURABAYAPAGI.com - Peredaran ikan berformalin memang belakangan ini mulai marak. Tak heran, para kaum perempuan pun mulai dilanda kecemasan. Formalin merupakan bahan pengawet mayat. Jika dikonsumsi berlebih dan secara terus menerus bisa berakibat fatal bagi kesehatan tubuh. Lantaran, pengawet ini bisa menyebabkan kanker.
Namun para kaum hawa tak perlu khawatir. Yang penting, Anda mengetahui cara yang tepat untuk mengenali ikan berformalin.
Sekilas penampilan ikan dengan formalin terlihat lebih cantik dan menggugah selera makan maka tidak heran banyak ibu yang tertipu.
Sebagai pembeli yang cerdas, kita harus tahu bagaimana cara membedakan ikan dengan formalin dan tidak.
1. Warna Insang
Insang terletak di kepala yang bisa Anda buka dengan sedikit mencongkel kepalanya. Ikan segar memiliki insang berwarna merah darah yang terlihat segar. Ketika dipegang terasa sedikit kenyal dengan tekstur normal.
Sedangkan ikan berformalin memiliki insang merah yang sedikit gelap. Karena sudah melalui proses pengolahan yang kurang baik, insang ikan biasanya sedikit rusak dan jika dipegang tidak terasa kenyal.
2. Aroma
Cobalah mendekatkan hidung anda untuk mencium aroma dari ikan yang akan dibeli. Ikan segar masih berbau amis yang khas. Kalau ikan laut sedikit tercium bau garam sedangkan ikan tawar berbau lumpur. Sedangkan ikan berformalin berbau aneh kayak bukan ikan.
3. Dihinggapi Lalat
Ikan segar yang dipajang beberapa lama akan segera dihinggapi lalat. Jika Anda menemukan ikan yang tampak segar namun lalat ogah menyentuhnya, kemungkinan besar ikan tersebut sudah dilumuri cairan formalin.
4. Daging
Kita bisa mencoba memotong daging ikan untuk mengetahuinya. Ikan segar bertekstur empuk yang mudah sekali dipotong dan hasil potongan cantik.
Tubuh ikan berformalin terlihat lebih bersih dan terasa kaku karena mengalami proses pengawetan. Lebih susah untuk dipotong dan mudah sekali rusak teksturnya.
5. Keawetan
Sebenarnya sangat mudah mengecek perbedaan ciri ikan segar ataupun yang berformalin dari segi ini tapi butuh waktu lama untuk membuktikannya. Ikan segar akan berubah secara penampilan saat tidak disimpan dalam lemari pendingin.
Jika penjual datang di pagi hari pasti saat matahari mulai meninggi, ikan terlihat sedikit jelek. Ikan berformalin bisa bertahan lama tanpa mengalami perubahan menampilan.

Berita Populer